PENYAKIT LIVER, WASPADAI !!

PENYAKIT LIVER, WASPADAI !!

PENYAKIT LIVER – Penyakit Liver merupakan penyakit hati menahun yang ditandai dengan proses peradangan (hepatitis), nekrosis (kematian jaringan) hati, penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan – gumpalan / pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.
Penyakit ini memang jarang mewabah, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang terkena.

Organ yang terserang merupakan liver (hati). Liver, organ dalam yang paling besar dan penting peranannya, terutama dalam metabolisme segala jenis makanan.
Penyebab sakit liver karena adanya gangguan pada pencernaan. Gejalanya mungkin berupa sakit kuning (ikterus) dimana kulit dan putih mata menjadi kuning, karena adanya bilirubin yang berlebihan dalam plasma darah.

Bilirubin merupakan zat warna yang diproduksi hati ketika sel-sel darah merah yang rusak diolah, dan biasanya bercampur dengan air empedu yang disimpan kantung empedu dan masuk ke dalam usus dan darah menyebabkan warna kulit dan putih mata menjadi kuning. Penyakit kuning ini bermacam-macam, hepatitis (radang hati) dan sirosis (pengerasan hati) merupakan beberapa diantaranya. Kedua jenis penyakit ini seringkali merupakan akibat dari penyalahgunaan alkohol. Ada pula jenis sakit kuning yang menyerang bayi baru lahir, namun tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Umumnya karena rusaknya sel-sel darah merah ekstra yang dibutuhkan bayi setelah ia lahir.

penyakit liver

WASPADAI Penyakit Liver !

PENYEBAB PENYAKIT LIVER

Apa saja penyebab sakit liver dalam tubuh anda? Penyebab liver bisa karena beberapa hal. Liver merupakan organ penting yang membantu Anda dalam detoksifikasi, mengatur metabolisme tubuh dan membentuk antibody untuk sistem pertahanan tubuh. Anda bisa terkena sakit liver jika anda mengkonsumsi banyak obat-obatan ataupun makanan yang mengandung banyak zat-zat kimia. Zat kimia tidak bisa diproses oleh hati anda dengan mudah. Ketika hati anda bekerja dengan sangat keras, anda akan mambuat hati anda dalam kondisi yang sangat buruk dan akhirnya anda akan terjangkit sakit liver. Keracunan juga bisa menjadi alasan mengapa anda mempunyai penyakit liver. Kita sebaiknya mengetahui beberapa hal tentang liver sebelum kita melakukan tindakan. Penyebab liver sering dikaitkan dengan minuman beralkohol. Apakah alkohol merupakan salah satu penyebabnya ?

“Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit akut seperti penyakit lever kronis. Keduanya bisa menyebabkan kegagalan fungsi lever,” ungkap Dr. Rakesh Tandon, kepala Gastroenterologi di Pusphawaiti Singhania Research Institut.

Penyakit lever ini sendiri terdiri dari dua bagian. Pembagian penyakit ini didasarkan pada waktu orang menderita penyakit ini. Bagi orang yang telah 6 bulan menderita penyakit ini, mereka dikatakan punya penyakit hepatitis akut. Sedangkan orang yang telah menderita penyakit ini selama lebih dari 6 bulan, sakit liver disebut sebagai penyakit hepatitis kronis.

GEJALA-GEJALA LIVER
Gejala-gejala penyakit lever antara lain kulit anda dan selaput mata anda akan menjadi berwarna kuning. Anda pasti mengenal istilah penyakit kuning. Ini bisa menjadi tanda awal anda terdeteksi terkena penyakit lever. Mengapa berwarna kuning? Warna ini muncul karena adanya cairan empedu yang berlebihan dalam darah anda sehingga merubah warnanya menjadi kuning. Anda yang sering muntah dan tidak nafsu makan juga harus mencermati apakah penyebab dari kebiasaan anda ini. Bisa jadi penyakit lever sudah ada dalam tubuh anda. Anda akan mudah terserang nyeri yang sangat menyakitkan di bagian kanan atas perut anda. Badan anda akan terasa sangat lemah dan mulai terasa sakit. Urin anda akan berwarna coklat pekat dan jika anda mendapati urin berwarna seperti teh sebaiknya anda benar-benar memeriksakan diri anda ke dokter. Mudah depresi juga menjadi gejala penyakit ini.

Sekian artikel mengenai penyakit liver. Semoga artikel mengenai penyakit liver diatas dapat bermanfaat untuk anda.

PENYAKIT LIVER, WASPADAI !!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*