Penyakit Liver Menular Melalui Apa ?

Penyakit Liver Menular Melalui Apa ?

 

Penyakit Liver Menular, Penyakit liver merupakan satu dari 10 penyakit terbesar penyebab kematian di Indonesia. Menurut data WHO tahun 2013, angka penderita penyakit liver di Indonesia diperkirakan mencapai 28 juta orang. Artinya, di dalam setiap 10 orang Indonesia, terdapat lebih dari satu orang penderita penyakit liver. Sekitar 70% dari jumlah tersebut adalah penderita Hepatitis B, sementara 10 juta di antaranya merupakan penderita fibrosis hati, serta 3 hingga 5 juta dari populasi tersebut terkena sirosis hati.

Penyakit Liver Menular Melalui Apa ?

Penyakit Liver Menular Melalui Apa ?

Tak heran apabila penyakit tersebut sering dianggap pembunuh diam-diam karena kemungkinan tidak timbulnya gejala. Bak fenomena gunung es, yang nampak hanya sebagian kecil saja, yaitu hanya sekitar 30%. Bahkan catatan Kementerian Kesehatan (Kemkes) hanya sekitar 5-10% yang terdeteksi tenaga kesehatan, sedangkan sisanya atau sekitar 70% tidak terjamah atau terdeteksi oleh tenaga kesehatan. Meskipun angka penderita liver di Indonesia sangat tinggi, namun pemahaman masyarakat mengenai penyakit ini masih sangat rendah. Akibatnya, banyak dari mereka yang tidak mendapatkan penanganan dini secara tepat.

Perlu diketahui bahwa penyakit liver menular. Penyakit liver menular bisa melalui bermacam-macam media atau cara seperti:

  • Penyakit liver menular melalui jarum suntik yang tidak sekali pakai
  • Penyakit liver menular melalui pisau cukur
  • Penyakit liver menular melalui jarum tato
  • Penyakit liver menular melalui jarum tusuk kuping
  • Penyakit liver menular melalui sikat gigi
  • Jarum bor gigi
  • Barang yang tercemar virus hepatitis B (VHB) sesudah digunakan pada para carrier positif atau penderita hepatitis B
  • Akibat berhubungan seksual atau berciuman dengan penderita dan akibat transfusi darah yang terkontaminasi VHB.

Penyakit liver menular juga bisa dengan memasukan para penderita kelainan darah seperti hemofilia (kadar protein faktor VIII atau zat pembeku dalam darah sangat rendah), thalasemia, leukimia atau melakukan dialisis ginjal ke dalam kelompok rawan atau berisiko tinggi terkena penyakit hepatitis B. Sebab mereka sering berurusan dengan transfusi darah.

Penyebab penyakit liver menular pada umunya adalah virus, bahan-bahan beracun,bakteri dan alkohol. Masuknya penyebab penyakit liver tersebut biasanya melalui berbagai zat makanan dan minuman yang anda konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisi dalam keadaan tidak bersih dan memang pada dasarnya mengandung racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab penyakit liver.

Tips Mencegah Penyakit Liver Menular

Berikut ini beberapa tips mencegah penyakit liver menular mudah yang dapat dilakukan, diantaranya :

  1. Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Tips mencegah penyakit liver menular yaitu dengan selalu membiasakan diri dari hal yang paling kecil namun memiliki fungsi dan manfaat yang baik, seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dengan menggunakan sabun khusus pembersih tangan (hand soap) agar bakteri dan kuman yang bersarang pada kulit tangan mati. Tips mencegah liver dimulai dari dalam rumah membiasakan untuk menyediakan tempat pembuangan sampah kecil, menutup makanan dengan tudung saji, kebersihan dari kamar kecil (toilet) dsb, tips mencegah liver.

  1. Rajin Mengkonsumsi Air Mineral Minimal Sehari 8-10 Gelas

Tips mencegah penyakit liver menular yaitu dengan rajin mengkonsumsi air mineral minimal sehari 8-10 gelas atau setara dengan 1,5-2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan anda. Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri juga salah satu tips mencegah penyakit liver menular.

  1. Menghindari Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak Jenuh Dan Bahan Pengawet

Tips mencegah penyakit liver menular yaitu dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan bahan pengawet. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi penting dalam tubuh, namun kebutuhan lemak dalam tubuh tetap harus terkendali dan diseimbangkan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya. Bila tubuh banyak menyimpan dan menimbun lemak maka akan berakibat pada penurunan salah satu fungsi organ tubuh dan mudah terserang penyakit. Tips mencegah penyakit liver menular dengan menghindari makanan seperti makanan yang banyak menggunakan santan, makanan pedas, makanan yang menggunakan bahan pewaran kimia dan bahan pengawet makanan biasanya terdapat pada makanan dalam kemasan atau siap saji yang sudah lama pengolahannya, tips mencegah penyakit liver menular.

  1. Banyak Mengkonsumsi Sayur Dan Buah

Tips mencegah penyakit liver menular yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber energi yang mengandung gizi, mineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayur. Tips mencegah liver dengan rajin mengkonsusmi yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin lainnya. Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit liver atau hati seperti buah pepaya, jeruk, pisang, apel, mangga dan macam buah lainnya dan yang harus dihindari adalah buah nanas, nangka, durian. Ketiga buah tersebut mengandung zat yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan hati.

  1. Menerapkan Dan Menyeimbangkan Nilai Gizi Yang Dibutuhkan Tubuh

Tips mencegah penyakit liver menular yaitu dengan menerapkan dan menyeimbangkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsusmsi makanan yang diperkaya dengan karbohidrat, protein, zat besi dan zat gizi lainnya sangat penting dibutuhkan tubuh. Dengan menyeimbangkan kebutuhan akan gizi dan nutrisi dalam tubuh, misalnya ikan, telur, roti, gandum, nasi merah, kacang polong, kacang merah dsb. Tentunya semua itu harus di imbangi dengan gaya hidup, kebiasaan hidup yang baik dengan menghindari kebiasaan buruk. Satu hal yang paling penting bagi penderita yang terdiagnosa terserang penyakit hati adalah menghindari makanan dengan selera pedas, menghindari makanan yang mengandung rasa masam, hindari penggunaan saus, mengurangi kebiasaan minum air dingin, gorengan dan jenis makanan lainnya.

  1. Olahraga Yang Teratur Setiap Harinya

Tips mencegah penyakit liver menular yaitu dengan merapkan olahraga secara teratur. Olahraga yang teratur setiap harinya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan anda minimal 2 kali dalam seminggu minimal 1-2 jam per session.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit liver menular, Anda bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Mengapa harus Super Lutein (S. Lutena)? Peranan Super Lutein (S.Lutena) sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein (S.Lutena) yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

S-Lutena juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus / Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Penyakit Liver Menular Melalui Apa ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*