Penyakit Liver Bisa Menular ?

Penyakit Liver Bisa Menular ?

 

Penyakit Liver Bisa Menular ? Pertanyaan ini seringkali terlontar dianntara mereka yang saat ini sedang mempunyai anggota keluarga atau sanak saudara yang sedang mempunyai masalah dengan penyakit liver. Temukan jawabannya hanya disini !! Jangan sampai Anda melewatkannya

Liver merupakan organ penting yang ada di dalam tubuh. Organ ini termasuk salah satu organ terbesar dibanding organ tubuh lainnya. Salah satu fungsi liver adalah menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, jika fungsi liver tidak berjalan dengan baik, maka berbagai penyakit akan mudah masuk.

Penyakit Liver Bisa Menular ?Penyakit liver atau kadang dikenal juga dengan penyakit hepatitis adalah peradangan hati yang menahun atau kronis yang ditandai dengan proses peradangan atau biasa disebut hepatitis, kematian jaringan hati (nekrosis), penambahan jaringan ikat dengan terbentuknya gumpalan-gumpalan atau adanya pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Peradangan hati sangat berbahaya karena hati mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh anda. Hati mempunyai fungsi sebagai alat ekskresi. Dalam kerjanya hati membantu fungsi ginjal dengan membantu melakukan pemecahan senyawa yang bersifat racun serta menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Pada umumnya proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Penyakit liver ada banyak macamnya, jadi penyebab dan gejala dari tiap-tiap jenis penyakit liver inipun berbeda beda.

Biasanya penyakit liver ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab yang beberapa diantaranya seperti adanya infeksi virus, bakteri, terdapatnya bahan-bahan beracun dan alkohol.

Nah, sekarang kita masuk kedalam inti pembahasan dalam artikel ini mengenai pertanyaan apakah penyakit liver menular atau tidak. Ingin tau jawabanyan ? Yuk simak paparan dibawah ini

Sebelumnya sudah saya katakan diatas, bahwa penyakit liver ini banyak jenisnya.  Beberapa jenis dari penyakit liver tersebut ada yang digolongkan kedalam kategori penyakit menular, yang mana ini terdapat pada penyakit hepatitis. Baik hepatitis A, B ataupun C.

Perlu anda ketahui, penyakit penularan penyakit hepatitis ini terutama hepatitis B dan C, dikatakan lebih menular daripada penyakit AIDS. Yang pada intinya dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Dalam hal ini jika seseorang sudah terkena penyakit hepatitis type B dan C ada kemungkinan orang-orang terdekat nyapun dapat tertular. Dalam masalah ini perlu digaris bawahi penualran virus hepatitis ini adalah virusnya dan bukan penyakit nya, karena perlu anda ketahui penyakit hepatitis atau penyakit liver bisa juga disebabkan oleh faktor non-virus.

Kesimpulannya penyakit liver ada yang menular dan ada pula yang tidak. Ini semua tergantung dari penyebab dan jenis penyakit liver orang tersebut.

Cara Mencegah Penyakit Liver

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi resiko sakit liver:

  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
  • Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri
  • Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
  • Melakukan hubungan intim yang aman
  • Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
  • Menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus. Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional.
  • Menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
  • Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat.
  • Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis A.
  • Mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.
  • Mengecek kondisi tubuh secara rutin untuk mengetahui adanya sakit liver sedini mungkin. Dengan cara ini, upaya identifikasi sakit liver dan pengobatannya dapat dilakukan sedini mungkin. Pasien masih berpotensi sembuh total jika penyebaran bakteri masih belum terlalu luas.

Penyakit Liver Bisa Menular ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*