PENCEGAHAN PENYAKIT LIVER

PENCEGAHAN PENYAKIT LIVER

PENCEGAHAN PENYAKIT LIVER – Penyakit Liver Adalah penyakit hati kronis yang ditandai dengan proses peradangan (hepatitis), kematian jaringan hati, penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan–gumpalan/pembengkakan kecil jaringan yang mengganggu susunan dan fungsi hati.
Penyakit liver, terutama jenis Hepatitis A umumnya bisa sembuh sendiri tanpa pemberian obat. Hanya diperlukan istirahat yang cukup. Lain halnya dengan Hepatitis B dan C yang memerlukan penanganan yang serius untuk bisa sembuh. Namun ada baik nya kita mencegah agar tidak terkena atau terinfeksi penyakit liver.
Berikut ini beberapa tips mudah yang dapat dilakukan sebagai upaya mencegah penyakit liver, diantaranya :

1. Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
Upaya pencegahan penyakit liver yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dengan menggunakan sabun khusus pembersih tangan (hand soap) agar bakteri dan kumanyang bersarang pada kulit tangan mati. Mencegah penyakit liver dimulai dari dalam rumah membiasakan untuk menyediakan tempat pembuangan sampah kecil, menutup makanan dengan tudung saji, kebersihan dari kamar kecil (toilet) dsb.
2. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
Upaya pencegahan penyakit liver yang dapat dilakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber energi yang mengandung gizi, mineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayur.

Pencegahan Penyakit Liver

Pencegahan Penyakit Liver

Mencegah penyakit liver Dengan rajin mengkonsusmi yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin lainnya. Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit liver atau hati seperti buah pepaya, jeruk, pisang, apel, mangga dan macam buah lainnya dan yang harus dihindari adalah buah nanas, nangka, durian. Ketiga buah tersebut mengandung zat yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan hati.
3. Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
Upaya pencegahan penyakit liver yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
4. Melakukan hubungan intim yang aman
5. Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
6. Mengkonsumsi suplemen tambahan yang aman
Upaya pencegahan penyakit liver yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi suplemen tambahan yang aman tanpa efek samping apapun, sebagai salah satu upaya membantu memperkuat sistem imun atau pertahanan diri dan tubuh dari serangan penyakit. Disarankan mengkonsumsi suplemen herbal yang dipercaya aman, dan memiliki khasiat terpercaya juga Menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
7. Jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus.
Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional yang lebih aman dan alami.
8. Menghindari pembelian atau pemakaian produk
Dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
9. Mengatur pola makan yang baik
Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat. Ini juga merupakan upaya pencegahan penyakit liver.
10. Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis A
11. Mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur
Upaya pencegahan penyakit liver yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur. Misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.
12. Rajin mengkonsumsi air mineral minimal sehari 8-10 gelas
Pencegahan Penyakit liver dengan Rajin mengkonsumsi air mineral minimal sehari 8-10 gelas atau setara dengan 1,5-2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan anda. Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri.
13. Menerapkan dan menyeimbangkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh
Upaya pencegahan penyakit liver yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsusmsi makanan yang diperkaya dengan karbohidrat, protein, zat besi dan zat gizi lainnya sangat penting dibutuhkan tubuh. Dengan menyeimbangkan kebutuhan akan gizi dan nutrisi dalam tubuh, misalnya ikan, telur, roti, gandum, nasi merah, kacang polong, kacang merah dsb. Tentunya semua itu harus di imbangi dengan gaya hidup, kebiasaan hidup yang baik dengan menghindari kebiasaan buruk. Satu hal yang paling penting bagi penderita yang terdiagnosa terserang penyakit hati adalah menghindari makanan dengan selera pedas, menghindari makanan yang mengandung rasa masam, hindari penggunaan saus, mengurangi kebiasaan minum air dingin, gorengan dan jenis makanan lainnya.

Sekian artikel mengenai pencegahan penyakit liver. Semoga artikel mengenai pencegahan penyakit liver diatas dapat bermanfaat untuk anda.

PENCEGAHAN PENYAKIT LIVER

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*