Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

 

 

 

Menjaga Kesehatan Liver – Hati atau liver merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Hati memiliki peran yang cukup vital, yakni menyaring racun yang terdapat di dalam tubuh. Jika hati tidak berfungsi atau bekerja dengan baik, maka racun juga tidak akan tersaring dengan baik, sehingga hal ini berpotensi mempengaruhi fungsi anggota tubuh yang lain.

Itulah sebabnya mengapa penting untuk tetap kuat dengan memasok dengan vitamin dan nutrisi penting. Vitamin yang baik untuk hati adalah vitamin B, terutama Vitamin B12 yang merupakan bagian dari vitamin B. Banyak terkandung didalam daging. Vitamin B menjaga ini menjaga aliran fungsi hati ke empedu. Manfaat lainnya vitamin B bagi liver adalah sebagai detoksifikasi. Makanan yang mengandung banyak vitamin B adalah kacang-kacangan, kuning telur, unggas, ikan dan beras merah. Tapi hati-hati ya untuk mengambil dosis tinggi vitamin B kompleks, jika anda menggunakan pil sebagai sumber vitamin harus dengan petunjuk dokter. Karena Vitamin B – 6 dalam dosis besar dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

Selain vitamin B kompleks, para vitamin C juga penting untuk kesehatan hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C melindungi hati dari racun yang merusak. Hal ini juga digunakan untuk mengobati kerusakan fungsi lever akibat pengaruh alkohol dan hepatitis. Bahkan dosis serendah 500 miligram setiap hari membantu mencegah penumpukan lemak dan sirosis. vitamin C juga memiliki kualitas regeneratif tertentu yang mempercepat penyembuhan.

MENJAGA KESEHATAN LIVER

Menjaga kesehatan liver adalah jalan terbaik agar hati bisa berfungsi dan bekerja sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana cara Menjaga Kesehatan Liver ? Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan liver, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. 1. Minum air lemon. Minum air putih yang dicampur dengan perasan lemon bisa memaksa racun untuk keluar dari dalam tubuh. Lemon dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mendorong kemampuan empedu untuk mengeluarkan racun.
  1. 2. Mengonsumsi sayuran. Mengonsumsi sayuran secara rutin juga dinilai dapat membantu menjaga kesehatan liver. Sayuran seperti brokoli dan bawang mengandung belerang yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.
    1. Bawang putih. Bawang putih membantu hati Anda mengaktifkan enzim yang dapat membuang racun. Bawang putih juga memiliki jumlah allicin dan selenium yang tinggi, dua senyawa alami yang membantu dalam menjaga kesehatan liver.
    2. Bit. Bit adalah tanaman tinggi senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan.
    3. Teh hijau. Teh hijau penuh antioksidan yang dikenal sebagai katekin, guna meningkatkan fungsi hati.
    4. Kunyit. Kunyit telah dikenal membantu mencerna lemak dan merangsang produksi empedu. Hal ini juga dapat bertindak sebagai bentuk alami dari detoksifikasi untuk hati.
Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

  1. 3. Batasi konsumsi makanan tinggi lemak. Hindari makanan cepat saji untuk menjaga liver tetap dalam kondisi baik. Kontrol berat badan secara rutin, karena obesitas, seperti diabetes, bisa jadi pemicu penyakit hati. Perhatikan makanan Anda, jangan menyantap makanan sembarangan. Hal ini bisa mengurangi fungsi hati melalui akumulasi racun dan lemak dalam tubuh.
  1. 4. Jangan berlama-lama berada di lingkungan beracun. Hati menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh. Tetapi, jika kapasitasnya sudah penuh, maka hati bisa tidak berfungsi untuk menjadi filter. Kurangi ekspos terhadap polutan umum seperti asap rokok atau asap cat.
  1. 5. Ikuti aturan hidup bersih. Rajin cuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah makan atau setelah dari toilet. Jangan minum air dari peralatan yang digunakan orang asing, sebelum benar-benar mencucinya secara baik.
  1. 6. Pemeriksaan kesehatan secara teratur. Seringkali penyakit hati ditemukan secara tidak sengaja atau di saat Anda memeriksaan penyakit lain. Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium setiap tahun untuk mengetahui kondisi hati sekaligus mendeteksi penyakit hati tahap awal.

 

Sekian beberapa tips menjaga menjaga kesehatan liver. Semoga beberapa tips menjaga kesehatan liver diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba . . . 🙂

 

Menjaga Kesehatan Liver, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*