MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA LIVER

MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA LIVER

 

MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA LIVER – Hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Tidak menjaga kesehatan hati dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, kelelahan yang kronis, sakit kepala, masalah pencernaan, alergi dan banyak penyakit lainnya. Hati memiliki banyak fungsi penting yang menjaga seseorang tetap sehat. Hati akan menyingkirkan materi berbahaya dari aliran darah dan membantu mencerna makanan. Tapi ketika hati terlalu banyak bekerja sebagai akibat dari stres atau paparan berlebihan terhadap racun, kesehatan Anda akan terancam.

 

MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA LIVER

Makanan Sehat Untuk Penderita Liver

Karena hati juga bertanggung jawab terhadap produksi cairan empedu, yang diperlukan untuk pemecahan dan asimilasi lemak dan protein dari makanan Anda, maka kesehatan hati harus dipelihara dengan baik. Dengan memperbanyak minum air putih serta menghindari konsumsi terhadap tembakau, alkohol, kopi dan gula putih merupakan cara-cara untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, jenis makanan yang di konsumsi setiap hari juga memengaruhi kesehatan hati. Untuk menjaga kesehatan hati melalui makanan, Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan sehat untuk penderita liver sebagai berikut :

 1.  Buah Apel

Makanan sehat untuk penderita liver yang pertama adalah buah apel. Beberapa masalah kesehatan di dalam tubuh kita dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah apel dengan teratur. Salah satunya adalah untuk menghilangkan lemak yang tidak sehat pada liver kita. Apel mengandung vitamin C dan d-gulcaric.

 2.  Kunyit

Makanan sehat untuk penderita liver yang kedua adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu makanan yang paling kuat untuk mempertahankan hati yang sehat, yang secara aktif melindungi hati terhadap kerusakan beracun dan menumbuhkan sel-sel hati yang rusak. Kunyit juga meningkatkan produksi alami cairan empedu, menyusutkan pembesar saluran hati dan meningkatkan fungsi hati. Kunyit juga dapat dapat membersihkan racun yang ada di liver, dan juga mengeluarkan kotoran yang ada pada sel-sel liver.

 3.  Bawang Putih

Makanan sehat untuk penderita liver yang ketiga adalah bawang putih. Bawang putih banyak mengandung sulfur, senyawa yang mengaktifkan enzim dalam hati yang bertanggung jawab untuk membilas racun dari tubuh. Bawang juga mengandung allicin dan selenium, dua nutrisi yang terbukti membantu melindungi hati dari kerusakan akibat racun dan membantu dalam proses detoksifikasi. Bila dicampurkan dalam makanan kita, maka bisa menangkal radikal bebas yang tidak baik untuk liver dan membantu regenerasi sel baru.

 4.  Buah Lemon

Makanan sehat untuk penderita liver yang keempat adalah buah lemon. Buah ini sangat kaya akan vitamin C dan juga antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas dari luar. Untuk memulihkan kondisi liver yang lelah setelah bekerja keras untuk menghalau racun di dalam tubuh, kamu bisa meminum sari lemon dengan teratur.

 5.  Buah Pare

Makanan sehat untuk penderita liver yang kelima adalah pare. Rasa pahit pare membuatnya kurang disukai. Namun, pare dapat membantu tubuh kita untuk mengeluarkan racun dan membersihkan liver. Pare juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker liver bila dikonsumsi secara teratur.

 6.  Jeruk

Makanan sehat untuk penderita liver yang berikutnya adalah jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan alami, dua pembersih hati yang kuat. Seperti bawang putih, jeruk juga mengandung senyawa yang meningkatkan produksi enzim detoksifikasi hati.

7.  Teh hijau

Makanan sehat untuk penderita liver yang berikutnya adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan kandungan catechin, jenis antioksidan tanaman yang telah ditunjukkan dalam studi untuk menghilangkan akumulasi lemak dalam hati dan mempromosikan fungsi hati. Minuman herbal ini juga melindungi hati terhadap racun yang menyebabkan kerusakan serius.

 8.  Sayuran hijau

Makanan sehat untuk penderita liver yang berikutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau berdaun seperti bayam, sawi, dan kubis juga mengandung senyawa yang menetralisir logam berat dalam tubuh yang disaring dan tertinggal di hati. Sayuran hijau juga menghilangkan paparan pestisida dan herbisida dari tubuh, dan memacu produksi dan aliran cairan empedu.

 9.  Alpukat

Makanan sehat untuk penderita liver yang berikutnya adalah alpukat. Alpukat mengandung senyawa glutathione yang secara aktif dapat meningkatkan kesehatan hati dengan melindungi terhadap kelebihan beban beracun, dan meningkatkan daya pembersihannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu atau dua alpukat seminggu sekali selama waktu sebulan dapat memperbaiki fungsi hati yang rusak.

 10. Oatmeal

Makanan sehat untuk penderita liver yang berikutnya adalah oatmeal. Karbohidrat kompleks (karbohidrat baik) ini dicerna dengan lambat dan membantu mempertahankan kadar gula darah agar tetap stabil serta membuat Anda kenyang lebih lama. Riset juga membuktikan bahwa mengonsumsi oatmeal mengurangi keinginan seseorang untuk makan makanan berlemak. Pastikan Anda tidak makan oatmeal yang diberi pemanis.

 

Itulah beberapa daftar makanan sehat untuk penderita liver. Terimakasih anda membaca artikel makanan sehat untuk penderita liver. Semoga artikel mengenai makanan sehat untuk penderita liver dapat bermanfaat untuk anda.

 

MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA LIVER

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*