Gejala Penyakit Hepatitis

Gejala Penyakit Hepatitis

 

Kenali berbagai gejala penyakit hepatitis sebelum menjadi parah !! Hepatitis biasanya bisa berlangsung hingga mencapai 6 bulan, dan itu termasuk kategori “hepatitis akut”. Sedangkan untuk penyakit hepatitis yang sudah berlangsung mencapai dari 6 bulan termasuk kategori “hepatitis kronis”. Dalam bahasa Indonesia sendiri hepatitis sering disebut dengan penyakit kuning.

Gejala Penyakit Hepatitis

Gejala Penyakit Hepatitis

Disebut demikian karena penderita penyakit hepatitis ini akan mendapatkan perubahan pada bagian warna kulit, mata dan juga kelenjar ludah yang menjadi agak kekuningan. Hal ini sebenarnya dipicu oleh adanya peningkatan bilirubin yang terjadi pada tubuh manusia.

Gejala Penyakit Hepatitis

Berikut ini ulasan tentang beberapa gejala penyakit hepatitis yang sering terjadi pada penderitanya:

  • Gejala menguningnya mata dan bagian kulit adalah salah satu gejala penyakit hepatitis. Memang mungkin menjadi agak sulit terdeteksi untuk orang dengan kulit yang berwarna agak gelap karena perubahan kurang bisa terlihat. Banyak orang salah kaprah bahwa gejala ini adalah kulit pucat karena anemia, padahal bisa terjadi karena hepatitis. Gejala Penyakit Hepatitis
  • Peningkatan suhu menjadi salah satu gejala penyakit hepatitis terjadinya penyakit kuning. Selain itu yang cukup sering adalah timbulnya demam yang disertai menggigil seperti hipotermia.
  • Muntah-muntah yang mudah terjadi meski hanya karena penyebab ringan. Biasanya penderita mengalami muntah atau mual ketika ada epidemi hepatitisdi.Penderita penyakit ini bakal kehilangan nafsu makan yang sangat drastis. Gejala penyakit hepatitis ini sering kali tidak disadari oleh para penderita. Bahkan bisa saja gejala penyakit hepatitis ini akan disusul dengan muntah serta munculnya urine berwarna kuning. Bila Anda mengalami gejala penyakit hepatitis seperti demikian sepatutnya Anda harus mencurigai bahwa itu adalah sebagai gejala penyakit hepatitis.
  • Penderita bisa mengalami gatal-gatal, terutama pada penderita hepatitis dari jenis obstruktif. Efek gatal semacam ini disebabkan karena saluran empedu tersumbat, akhirnya gagal dalam memberikan empedu untuk kebutuhan metabolisme bilirubin. Penderita bakal mengalam gatal-gatal hampir seluruh. Gejala Penyakit Hepatitis
  • Pada tahap akhir penyakit hepatitis, akhirnya membuat banyak sang penderita menjadi tidak suka pada rokok. Jadi agak unik juga, karena tidak perlu diberi saran untuk tidak merokok, penderita dengan sendirinya malah menjadi menghindari rokok.

Jika Anda mengalami gejala penyakit hepatitis seperti diatas segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penagangan segera. Penting diketahui bahwa Hepatitis memang bisa muncul karena virus yang sering dikelompokan menjadi tipe virus hepatitis A, B, C, D atau E. Namun selain itu hepatitis juga bisa disebabkan virus lain seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning maupun infeksi sitomegalovirus. Sedangkan penyebab hepatitis non-virus yang paling umum adalah penggunaan alkohol dan obat-obatan. Gejala Penyakit Hepatitis

Cara Menangani Penyakit Hepatitis

Sebaiknya lakukan perawatan sejak dini agar penderita dapat disembuhkan, karena semakin lambat ditangani, virus akan semakin merusak hati dan bahkan menjadi kanker. Terkadang karena tidak menampakkan gejala yang jelas, kebanyakan orang tidak menyadari kalau dalam tubuhnya sudah berdiam virus penyakit hepatitis dan terlanjur hati sudah menjadi rusak parah.

Lakukan vaksinasi agar seseorang mendapatkan antibodi dari virus penyakit hepatitis A (VHA) dan virus hepatitis B (VHB). Namun, untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi untuk mencegahnya. Walau seseorang belum terindikasi virus ini tetapi pemberian vaksin dapat mencegah virus merusak hati karena gejala hepatitis bisa saja baru muncul puluhan tahun kemudian. Pemberian vaksin khususnya perlu diberikan pada anak-anak karena kekebalan tubuh mereka lebih lemah untuk membersihkan virus hepatitis dibandingkan orang dewasa.

Lakukan pencangkokkan hati jika hati sudah rusak parah. Tetapi, ini akan sulit karena donor hati yang ada lebih sedikit dibandingkan daftar tunggu dari penderita yang membutuhkan hati.

Penderita penyakit hepatitis seharusnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar tubuh mampu bertahan menghadapi virus ini dan mencegah jumlah virus semakin banyak yang akan menggeroti kesehatan penderitanya.

Penuhi gizi kita dan istirahat yang baik agar virus tidak menulari dan menyerang hati atau liver. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu menangani virus penyakit hepatitis yang membahayakan ini.

Gejala Penyakit Hepatitis

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*