Tanda Liver Bermasalah, Cek Sekarang Juga !

Tanda Liver Bermasalah, Cek Sekarang Juga !

 

Tanda Liver Bermasalah – Liver atau hati adalah salah satu organ terbesar dalam tubuh yang terletak di bagian kanan atas perut dan di bawah tulang rusuk. Liver memiliki banyak tanggung jawab dalam menjaga keseimbangan tubuh, di antaranya menetralisasi racun, mengatur aktivitas hormon, memproduksi protein, membuat empedu untuk pencernaan lemak, dan lain-lain.

Tanda Liver Bermasalah

Semua yang kita makan juga harus diproses liver sebelum didistribusikan ke seluruh tubuh. Karena banyak tugas yang dijalankan oleh liver, maka kesehatan tubuh kita sangat tergantung dengan kondisi liver.

Penting sekali untuk memastikan liver dalam kondisi sehat. Hanya saja tak semua orang paham akan kondisi liver yang bermasalah, seperti sejumlah tanda liver bermasalah berikut ini. Jika Anda mengalami tanda liver bermasalah ini, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

  1. Mudah Terkena Alergi

Salah satu penyebab alergi adalah liver yang bekerja berlebihan. Saat zat yang masuk ke dalam aliran darah makin banyak, otak akan menganggapnya sebagai alergen dan mengeluarkan antibodi dan zat-zat yang bisa menyebabkan ruam-ruam gatal. Sedangkan kalau liver berfungsi dan bekerja dengan baik, darah akan dibersihkan dan bebas dari molekul-molekul berbahaya.

  1. Sakit Perut / Diare

Liver memiliki peran yang sangat penting untuk pencernaan. Ketika liver bermasalah maka bisa menyebabkan diare yang sangat buruk. Perut akan terasa sangat sakit kemudian banyak cairan usus yang keluar sehingga membuat buang air besar menjadi encer dan terlalu sering. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan. Tubuh akan menjadi semakin lemah jika tidak mendapatkan nutrisi yang bisa mengurangi rasa  tidak nyaman karena diare.

  1. Kadar Trombosit yang Rendah

Ketika hati mulai mengalami kerusakan dan tidak bisa bekerja dengan baik maka produksi trombosit juga akan sangat rendah. Hal ini sering menyebabkan kematian mendadak karena pendarahan  dalam yang dialami oleh penderita kerusakan hati. Trombosit memiliki fungsi yang sangat penting untuk mencegah pendarahan. Ketika kadar trombosit sangat rendah maka tubuh akan terasa tidak nyaman dengan gejala seperti demam, tubuh lemah, rasa tidak nyaman saat bernafas dan berbagai gangguan imunitas.

  1. Kulit dan Putih Mata Menjadi Kuning

Kerusakan hati juga dapat ditandai dengan perubahan warna kulit dan mata putih berwarna kuning. Perubahan ini kemudian akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemah. Awalnya kulit tidak akan langsung berubah menjadi kuning tapi seperti pucat kecoklatan kemudian menguning. Bahkan bagian putih mata juga akan mulai berubah menjadi lebih kuning. Ini menandakan bahwa kadar bilirubin dalam hati sangat tinggi. Kondisi ini juga sering terjadi pada bayi yang baru lahir.

  1. Pembengkakan

Pembengkakan pada bagian tangan, kaki dan wajah bisa menjadi pertanda kerusakan hati yang cukup serius. Pembengkakan disebabkan karena jaringan tubuh mendapatkan penumpukan cairan yang berlebihan. Biasanya pembengkakan tidak menimbulkan rasa sakit hanya kurang nyaman saja. Berjalan setidaknya 15 menit per hari bisa mengurangi pembengkakan.

  1. Ingin Muntah Terus

Keinginan untuk muntah terus menerus tanpa sebab bisa menjadi tanda kerusakan hati. Kondisi ini terjadi ketika saluran pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik. Hampir semua makanan tidak bisa masuk ke dalam lambung dan berjalan ke usus. Justru ketika baru makan maka selalu ada rasa mual. Kondisinya bisa menjadi lebih buruk jika penderita juga mengalami penyakit maag atau radang lambung.

  1. Kulit Mudah Membekas

Pada penderita penyakit kerusakan hati yang sudah parah maka biasanya bagian kulit tubuh akan lebih mudah membekas atau memar. Kondisi ini berhubungan dengan masalah pendarahan yang sudah terjadi pada bagian jaringan bawah kulit. Ketika terkena pukulan atau terantuk benda keras maka kulit akan memar dan meninggalkan bercak biru kemerahan pada bagian dalam kulit. Jika tubuh sudah masuk dalam tahap ini maka perawatan yang intensif sangat diperlukan untuk mengurangi resiko pendarahan organ yang buruk.

  1. Nyeri Perut

Rasa nyeri perut akan sangat terasa jika terjadi kerusakan hati. Hal ini disebabkan karena pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik. Usus, lambung dan bagian organ perut lain akan merasakan gangguan karena hati yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Rasa nyeri bisa seperti seolah-olah terkena tusukan benda tajam. Kondisi ini akan menjadi lebih buruk jika pancreas dan hati juga sudah mengalami peradangan yang akut.

  1. Pembengkakan Limpa

Pembengkakan limpa bisa menjadi indikasi yang serius dari masalah kerusakan liver. Limpa merupakan organ kecil yang terletak di bagian perut atas. Pembengkakan limpa bisa menyebabkan beberapa gejala seperti tubuh yang sangat lemah, rasa nyeri seperti tertusuk pada bagian perut atas, kurang nyaman, tidak bisa makan, selalu mual dan keinginan muntah yang besar. Ketika gejala ini sudah muncul maka bisa menyebabkan penderita kekurangan kebutuhan nutrisi manusia.

  1. Tubuh Kurus dan Tidak Nafsu Makan

Ketika kerusakan liver sudah menyebabkan komplikasi pada beberapa organ lain maka tubuh sama sekali tidak akan menerima makanan dengan baik. Rasa tidak nyaman seperti sakit perut dan keinginan untuk muntah menyerang maka akan mengurangi nafsu makan. Bahkan jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka tubuh akan kekurangan nutrisi, berat badan yang menurun drastis dan fisik yang sangat kurus.

Selain tanda liver bermasalah di atas, waspadai juga gejala tubuh yang gampang merasa lelah. Kalau kamu sering gampang capek, letih, dan lesu, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena liver Anda bermasalah. Semoga bermanfaat …

Tanda Liver Bermasalah, Cek Sekarang Juga !

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*