Tanda Hepatitis Pada Anak

Tanda Hepatitis Pada Anak

 

Tanda Hepatitis Pada Anak – Penyakit yang terjadi pada organ hati yang disebut dengan hepatitis merupakan penyakit serius yang bisa berakibat fatal bagi orang dewasa maupun pada anak-anak bahkan pada bayi sekalipun. Kita pernah sedikit membahas mengenai penyakit hepatitis dan yang dimaksud dengan pengertian penyakit hepatitis adalah merupakan penyakit peradangan pada sel yang menyerang hati. Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan cara disebarkan oleh kotoran atau tinja yang melalui makanan (fecal-oral)bukan melalui interaksi aktivitas atau melalui darah.

Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE). Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.

Tanda Hepatitits Pada Anak

Tanda Hepatitits Pada Anak

Virus penyakit hepatitis dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat. Walau sebenarnya, virus dapat dibersihkan oleh antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik. Gejala tanda penyakit hepatitis bisa pula terlihat semenjak dari bayi setelah melahirkan dan juga pada balita.

Hepatitis pada anak atau pada usia bayi, penyakit hepatitis ini lebih banyak muncul di awal-awal usia bayi (sekitar 2 bulan). Para ahli meyakini bahwa 80% kasus bayi hepatitis dialibatkan oleh adanya infeksi virus pada proses persalinan maupun pasca melahirkan. Pencegahan yang paling umum yang kita kenal adalah dengan melakukan imunisasi hepatitis.

Apa saja tanda hepatitis pada anak ?

Berikut beberapa tanda hepatitis pada anak yaitu :

  • Ikterus (Badan berwarna lebih kekuning-kuningan) maka pada dahulu orang seringkali menyebut penyakit hepatitis ini dengan penyakit kuning. Ikterus atau ikterik ini adalah sebuah proses terlalu tingginya kadar bilirubin dalam darah bayi (zat racun yang dihasilkan oleh organ hati), yang ditandai dengan warna kuning pada kulit dan bagian putih bola mata bayi, urin berwarna gelap, dan feses berwarna pucat. Itu mengapa pada masa sekarang ini kita seringkali menemui bayi-bayi dijemur pagi hari di sinar matahari pagi akan bisa mengurangi akan kadar bilirubin ini bila kadarnya tidak berlebihan sekali.
  • Berat Badan anak cenderung menurun. Tanda hepatitis pada anak ini karena berhubungan erat dengan pola makan dan pemasukan nutrisi sang bayi. Anak yang terkena penyakit hepatitis ini cenderung akan susah makan serta kehilangan akan nafsu makan sehingga berakibat akan penurunan berat badan pula. Dan susah makan adalah ciri khas pula pada hepatitis anak.
  • Muntah. Proses infeksi akibat virus hepatitis ini baik virus hepatitis A, hepatitis B, ataupun hepatitis C akan bisa menyebabkan seorang anak atau bayi menderita demam. Maka wajib bagi orang tua bila menemui anaknya kekuningan dan demam lebih baik segera diperiksakan ke tenaga kesehatan untuk diagnosis lebih akuratnya lagi.
  • Rasa tidak nyaman pada organ pencernaan. Organ pencernaan dan organ-organ yang berdekatan dengan organ hati yang terserang penyakit ini sedikit banyak akan terkena imbasnya dan akan menimbulkan tanda serta gejalanya pula. Rasa tidak nyaman seperti halnya perut terasa penuh, kembung, atau sesak. Rasa sakit di bagian kanan atas perut biasanya baru muncul ketika infeksi sudah terjadi selama 6 bulan atau lebih. Kondisi ini pada bayi terlihat dengan tanda-tanda bayi rewel, punggung melengkung serta lutut dirapatkan ke dada karena menahan rasa sakit di perut.
  • Demam. Bila berkelanjutan rasa tidak nyaman di atas akan menyebabkan akan muntah. Muntah in akan terjadi karena adanya peradangan dan infeksi serta gangguan dalam sistem pencernaan sang anak/bayi.

Hepatitis pada anak dan bayi erat pula hubungannya dengan kesehatan ibu anak dan terutama pada seorang ibu yang mengandungnya. Untuk itu bagi ibu hamil yang positif terinfeksi virus hepatitis, hendaklah rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Sehingga tenaga kesehatan Dokter akan bisa mengambil langkah-langkah pencegahan dan pertolongan pertama agar sang bayi tidak tertular virus hepatitis dari sang ibu.

Pengobatan yang umum dilakukan ialah dengan memberikan obat-obatan simtomatik atau obat-obatan yang berfungsi dalam menghilangkan gejala penyakit. Tidak ada obat yang secara spesifik atau khusus untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis ini.

Kemudian, langkah berikutnya yang perlu dilakukan ialah meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan mengharuskannya banyak istirahat dan memberikannya asupan nutrisi yang cukup dengan kualitas gizi terpenuhi.

Tentu saja bijak jika langkah ini sudah dilakukan sejak awal sebagai pencegahan terhadap serangan penyakit ini. Suntikan immunoglobin ketika bayi baru lahir juga dapat membantu memberikan anak Anda kekebalan dari penyakit ini.

Imunisasi dapat dilanjutkan ketika anak sudah berusia 2 tahun dengan diberikannya vaksinasi hepatitis, dimana itu diulangi lagi setiap enam bulan sekali. Perlu diketahui, bahwa anak-anak yang diberi vaksinasi hanya satu kali, lebih rentan terhadap hepatitis.

Pemberian vaksinasi tersebut tentu saja harus mempertimbangkan saran dokter, yang memiliki pengetahuan terkait kondisi bayi/anak Anda. Dan berikut merupapakan tips-tips umum yang dapat dilakukan supaya anak Anda terhindar dari serangan virus hepatitis.

  • Memberikannya imunisasi secara rutin berdasarkan petunjuk yang diberikan pihak medis.
  • Berhati-hatilah ketika memberinya konsumsi obat-obatan.
  • Memberikannya makanan yang sehat dan terjamin kualitas gizinya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk menghindarkan anak-anaknya dari serangan virus hepatitis. Pada dasarnya, yang diperlukan hanya konsistensi dan ketelatenan dalam memberikan perhatian dan penjagaan kepada buah hati Anda, baik dari mulai pemberian vaksin, sampai memberikannya makanan-makanan bergizi dan berkualitas. Sekian artikel mengenai Tanda Hepatitis Pada Anak. Semoga bermanfaat ^^

Tanda Hepatitis Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*