Tanaman Obat Liver

Tanaman Obat Liver

 

Penyakit liver atau hati adalah suatu istilah untuk sekumpulan kondisi-kondisi, penyakit-penyakit dan infeksi-infeksi yang mempengaruhi sel-sel, jaringan-jaringan, struktur dan fungsi dari hati. Organ tubuh yang bertempat di bawah diafragma ini merupakan organ tubuh yang paling penting. Banyak orang yang terganggu kesehatannya dari organ ini. Hal ini disebabkan penyakit liver/ hati mempunyai banyak fungsi dalam tubuh

Tanaman Obat Liver

Tanaman Obat Liver

Penyakit liver dapat disebabkan oleh infeksi ataupun virus yang menyerang hati atau liver. Penyakit ini sudah selayaknya menjadi perhatian karena ancamannya sudah di depan mata. Perlu diketahui, hepatitis berasal dari kata hepar (hati) dan itis (peradangan). Penyebabnya adalah Virus Hepatitis A, B, C, D, atau E. Virus Hepatitis A biasanya menyebabkan hepatitis akut, sementara Virus Hepatitis B dan C menyebabkan hepatitis kronis (menahun).

Penyakit liver yang tidak diobati sangatlah berbahaya. Akibatnya bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah, misalkan penyakit kanker hati. Penyakit liver banyak macamnya, misalkan penyakit hepatitis B, penyakit ini juga berbahaya, bahkan menurut para pakar, lebih menular dibanding penyakit HIV.

Jenis Tanaman Obat Liver

Disekitar kita terdapat berbagai macam jenis tanaman obat, termasuk tanaman obat liver. Cara mengobati penyakit liver dengan menggunakan tanaman obat liver bisa menjadi pilihan untuk Anda. Dengan menggunakan rempah-rempah yang ada di sekeliling kita, penyakit liver atau hepatitis yang kita kenal dengan penyakit kuning harus diwaspadai karena kalau dibiarkan tanpa pengobatan akan berdampak negatif bisa mengakibatkan kematian. Berikut beberapa jenis tanaman obat liver, antara lain :

  1. Temulawak

Temulawak adalah jenis tanaman obat liver. Selain dapat melindungi liver, memperkuat sel-sel liver, temulawak juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Dengan kandungan curcumin yang dimilikinya membuat tanaman ini mampu mencegah terjadinya peradangan dan anti hepatotoksik yang akan sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati.

  1. Sambiloto

Tanaman obat liver yang dapat digunakan sebagai obat dalah sambiloto. Sambiloto memiliki kandungan zat andrographolid yang mampu menimbulkan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi utama dari zat ini adalah merusak inti sel tumor serta berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit juga merupakan tanaman obat liver. Fungsi dari tanaman ini yang sangat umum yaitu mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan. Dengan kandungan kurkimin yang dimilikinya membuat tanaman ini dipercaya sebagai salah satu tanaman yang mampu mengatasi penyakit liver.

  1. Pegagan

Salah satu tanaman obat liver yang dapat digunakan sebagai obat adalah pegagan. Pegagan memiliki efek hepatoprotektor pada penderita hepatitis dengan kandungan asiatikoside dimana mekanismenya menigkatkan perbaikan dan penguatan sel hati disamping itu pula asiatikoside bertindak sebagai pengangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu fungsi dari Pegagan adalah meregenerasi sel-sel liver yang rusak dan mengembalikannya menjadi sel-sel yang sehat.

  1. Teh hijau

Teh hijau merupakan tanaman obat liver. Teh hijau adalah minuman bagi hati Anda sejak masa silam. Kandungan antioksidan pada tanaman ini yang diberi nama catechin memiliki fungsi yang baik untuk membantu kinerja liver. Selain itu, teh hijau juga baik untuk diet Anda secara ke seluruhan.

  1. Keladi Tikus

Keladi tikus (Typhonium Flagelliforme/Rodent Tuber) juga sudah di jeli sebagai tanaman obat liver yang dapat hentikan dan juga menyembuhkan bermacam penyakit kanker. Cara untuk menghalangi perubahan sel kanker, tiga batang keladi tikus lengkap dengan daunnya (kurang lebih 50 gr) di rendam sepanjang 30 menit, tumbuk halus dan peras. Air perasan ini disaring lantas diminum.

  1. Mengkudu

Mengkudu telah dikenal oleh masyarakat luas sangat sebagai tanaman obat liver. Caranya adalah dengan meminum air perasan buah mengkudu yang sudah matang atau bisa juga dengan menumbuk kulit buah mengkudu halus dan bberi sedikit cuku lalu dibungkus dengan daun pisang dan kemudian di kukus atau dipanaskan sebentar diatas api. Setelah itu tempelkan bungkusan tersebut pada perut bagian atas tempat hati yang sedang saskit dan mengalami pembengkakan.

Itulah beberapa jenis tanaman obat liver yang dapat Anda gunakan. Selain murah, tanaman obat liver tersebut dapat Anda temukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Tanaman Obat Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*