Sakit Liver Dan Jenisnya

Sakit Liver Dan Jenisnya

Sakit liver adalah peradangan hati yang menahun atau kronis yang ditandai dengan proses peradangan atau biasa disebut hepatitis, kematian jaringan hati (nekrosis), penambahan jaringan ikat dengan terbentuknya gumpalan – gumpalan atau adanya pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Sakit Liver Dan Jenisnya

Sakit Dan Jenisnya

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver. Bagi para penderita liver, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam pantangan makanan untuk penderita liver, hal ini bertujuan agar liver yang diderita tidak bertambah parah, dan juga untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Penyakit liver ini dapat dibedakan menjadi dua bagian tergantung berapa lama penderita mengidap penyakit ini. Jika seorang pederita menderita hepatitis kurang dari 6 bulan maka disebut hepatitis akut dan jika penyakit tersebut selama 6 bulan lebih maka disebut hepatitis kronis.

Jenis-jenis penyakit yang menyerang liver, antara lain :

  1. Sirosis Hati

Sirosis hati adalah keadaan penyakit yang sudah lanjut dimana fungsi liver telah hilang secara bertahap karena jaringan hati yang normal digantikan oleh jaringan parut (fibrosis) dan mempengaruhi struktur normal dan regenerasi sel-sel hati sehingga sel-sel hati menjadi rusak ataupun mati. Sirosis hati dapat terjadi karena virus hepatitis B dan C yang berkelanjutan atau karena penyakit lain yang menyebabkan saluran empedu tersumbat

  1. Perlemakan Hati atau Fatty Liver

Perlemakan hati biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas dimana lemak tertimbun secara berlebihan pada sel-sel hati dan menggantikan jaringan normal hati dengan lemak yang tidak sehat. Kondisi ini akan membuat hati menjadi sedikit membesar dan lebih berat serta berpotensi merusak jaringan hati dan sirosis hati.

  1. Hepatitis

Hepatitis atau yang biasa dikenal dengan penyakit radang hati, infeksi virus merupakan penyebab utama terjadinya peradangan pada sel-sel hati, terutama virus hepatitis A,B,C,D dan E.

  1. Kanker Hati

Kanker hati biasa juga dikenal dengan istilah hepatoma atau carcinoma heptocelluler terjadi apabila kanker primer berkembang pada jaringan hati yang berasal dari sel parenkim atau epitel saluran empedu atau metastase dari tumor jaringan lainnya. Hepatoma atau carcinoma heptocelluler merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

  1. Kolestasis dan Jaundice

Kolestasis dan jaundice yang merupakan keadaan akibat kegagalan memproduksi dan berkurangnya atau terhentinya aliran empedu di sepanjang jalur antara sel-sel hati dan usus 12 jari yang dapat menyebabkan gagalnya penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, K oleh usus, jika aliran empedu terhenti sementara hati terus memproduksi bilirubin masuk ke dalam aliran darah dan kemudian mengendap di kulit dan dibuang ke air kemih akan menimbulkan jaundice (sakit kuning).

  1. Hemochromatosis

Hemochromatosis merupakan kelainan metabolisme besi yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan di dalam jaringan penyakit ini bersifat genetik atau keturunan.

Itulah beberapa jenis penyakit hati atau liver. Penyebab liver pada umunya adalah virus, bahan-bahan beracun,bakteri dan alkohol. Masuknya penyebab liver tersebut biasanya melalui berbagai zat makanan dan minuman yang anda konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisi dalam keadaan tidak bersih dan memang pada dasarnya mengandung racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab Sakit liver.

Sakit Liver Dan Jenisnya

This entry was posted in Pengertian Penyakit Liver. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*