Perlemakan Hati Alkoholik

Perlemakan Hati Alkoholik

 

Perlemakan Hati Alkoholik – Hati merupakan organ terbesar kedua di tubuh manusia, hati juga merupakan salah satu organ terkompleks selain otak. Hati berfungsi untuk memproses apa yang kita makan atau minum, dan menyaring zat racun yang beredar dalam darah, mengatur metabolisme gula, dan membantu melawan infeksi. Proses ini dapat terganggu apabila terlalu banyak lemak dalam hati. Dalam kondisi normal lemak dapat ditemukan dalam hati, namun apabila jumlah lemak dalam hati sudah mencapai 5-10% maka fungsi hati dapat terganggu.

Perlemakan Hati Alkoholik

Hati merupakan organ yang bisa memperbaiki dan meregenerasi sel baru apabila terdapat kerusakan, tetapi kebiasaan buruk yang terus menerus dan kronis seperti konsumsi alkohol dapat menyebabkan kemampuan regenerasi hati terganggu sehingga dapat timbul kerusakan hati yang parah. Perlemakan hati alias fatty liver adalah kondisi yang sering ditemukan, namun gejala perlemakan hati ini biasanya baru timbul ketika penyakit mulai memberat.

Bagaimana proses terjadinya fatty liver atau perlemakan hati akibat alkohol?

Setelah dikonsumsi, alkohol akan masuk ke dalam aliran darah, kemudian dicerna di hati agar tidak membahayakan organ lain. Saat mencerna alkohol, ada sebagian sel hati yang rusak dan mati. Kebiasaan minum alkohol yang kronis dapat menyebabkan kerusakan hati, akibatnya hati tidak bisa melakukan fungsinya, salah satunya yaitu mencerna lemak, sehingga lemak menumpuk di hati dan timbullah fatty liver.

Dalam 1 botol bir atau 4 gelas wine, terkandung 12 g alkohol. Ambang batas konsumsi alkohol sebagai faktor risiko fatty liver adalah lebih dari 60-80 g per hari selama sepuluh tahun bagi laki-laki, dan 20-40 g per hari bagi perempuan. Konsumsi hingga 160 g per hari dapat menimbulkan risiko sirosis hati hingga 25 kali lipat.

Penyebab Perlemakan Hati Alkoholik

Beberapa Penyakit Pada Organ Hati memang disebabkan oleh asupan makanan yang kita makan, seperti perlemakan hati alkoholik ini. Penyakit perlemakan hati sebenarnya memiliki dua penyebab utama yaitu akibat mengkonsumsi terlalu banyak alkohol atau alkoholik dan perlemakan hati bukan karena konsumsi alkohol atau non alkoholik.  Namun akhir-akhir ini perlemakan hati alkoholik lebih banyak diderita oleh masyarakat Indonesia khususnya orang-orang yang tinggal di perkotaan. Itu karena mereka lebih mudah membeli dan mengkonsumsi alkohol dibandingkan masyarakat yang tinggal di pinggiran kota atau daerah-daerah kecil lainnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa perlemakan hati alkoholik merupakan penyakit yang menyerang organ hati akibat banyaknya timbunan lemak karena konsumsi alkohol secara berebihan. Sejatinya di Indonesia penggunaan alkohol sudah di batasi dengan beberapa peraturan pemerintan tantang dosis dan siapa saja yang boleh mengkonsumsi alkohol tersebut. Alkohol sendiri merupakan bahan utama dari minuman keras seperti bir, whisky, brendi, dan anggur dalam jumlah kadar yang berbeda-beda.

Jika dampak panjangnya alkohol dapat merusak beberapa oragan tubuh terutama hati, dampak pendek mengkonsumsi alkohol untuk tubuh adalah memabukkan dan memberikan rasa panas dalam tubuh. Kedua hal tersebut sebenarnya tidak ada yang positif. Karena itu pemerintah Indonesia bahkan agama malarang mengkonsumsi alkohol. Awalnya mengkonsumsi alkohol adalah kebiasaan orang-orang yang tinggal di negara barat. Itu bertujuan untuk menghangatkan tubuh disaat musim dingin tiba. Namun lama kelamaan penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol memberikan lebih banyak dampak negative dibandingkan positifnya.

Gejala Perlemakan Hati Alkoholik

Beberapa ciri atau gejala perlemakan hati alkoholik yang disebut juga dengan fatty liver pada penderita alkoholik dan non alkoholik sebenarnya hampir sama. Namun, untuk penderita perlemakan hati alkoholik pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Lemak yang menumpuk di hati sebenarnya dapat menghilang dengan sendirinya jika diikuti dengan berhenti mengkonsumsi alkohol. Beberapa gejala seperti hilangnya nafsu makan dan kurangnya konssentrasi akibat perlemakan hati itu akan hilang sekitar 2 minggu setelah berhenti total konsumsi alkohol.

Walaupun demikian penderita perlemakan hati alkoholik akan memiliki resiko lebih banyak merusak organ tubuh lainnya selain hati seperti jantung dan sel. Itu karena etanol atau alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Dimana etanol yang masuk akan dimetabolisme di dalam organ hati menjadi ion hydrogen. Ion hydrogen akan mempengaruhi membrane sel dan memberikan efek racun serta mengakibatkan kerusakan sel dan jantung.

Cara Mengatasi Perlemakan Hati Alkoholik

Cara mengatasi perlemakan hati alkoholik yaitu berhenti minum alkohol, nutrisi yang cukup, dan istirahat total di tempat tidur terbukti efektif untuk mengurangi gejala. Transplantasi liver mungkin diperlukan apabila kerusakan hati sudah sampai ke tahap sirosis dan gejala tidak membaik dengan puasa alkohol.

Berhenti meminum alkohol tidaklah mudah, sekitar 70% penderita kerusakan hati karena alkohol merupakan seorang pecandu alkohol. Gejala withdrawal alias sakau biasanya muncul dalam 48 jam pertama setelah berhenti minum alkohol, dan biasanya membaik dalam waktu 3-7 hari. Ketika sudah berhenti minum, kadang dibutuhkan terapi psikologi agar penderita tidak minum alkohol kembali, dan jika dirasa belum efektif, dokter akan meresepkan beberapa obat untuk membantu agar penderita tidak meminum alkohol lagi.

Mengobati Perlemakan Hati Alkoholik

Perlemakan hati alkoholik memang berbahaya, hal itu apabila anda tidak melakukan pengobatan dan penangannya yang tepat. Dan salah satu pengobatan hemokromatosis yang tepat adalah dengan  rutin mengkonsumsi S.Lutena.

S.LUTENA adalah suplemen gizi yang kaya akan karotenoid (beta-karotin) dengan manfaat yang sebanding dengan mengkonsumsi sayuran berwarna merah, kuning, oranye, serta sayuran berwarna hijau. S Lutena ini menyediakan suplemen yang tepat untuk mereka yang tidak dapat mengkonsumsi jumlah nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari karena berbagai alasan kesibukan.

S Lutena diproduksi menggunakan metode pengolahan teknologi melalui proses ionisasi (Ionized Purifiying) & kristalisasi, sehingga kandungan penting dalam buah dan sayuran yang diekstrak (buah & sayuran berwarna merah, kuning, oranye dan hijau gelap) tidak mengalami kerusakan.

Anda hanya perlu 1 botol S Lutena untuk memperoleh 11 gizi yang paling penting diperlukan tubuh sehari-hari yg tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia Anda.

S-Lutena juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid/Haid Tidak Normal, Borok/Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh/Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus/Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Perlemakan Hati Alkoholik

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*