Pantangan Penderita Penyakit Liver

Pantangan Penderita Penyakit Liver

 

Pantangan Penderita Penyakit Liver, Penyakit liver merupakan satu dari 10 penyakit terbesar penyebab kematian di Indonesia. Menurut data WHO tahun 2013, angka penderita penyakit liver di Indonesia diperkirakan mencapai 28 juta orang. Artinya, di dalam setiap 10 orang Indonesia, terdapat lebih dari satu orang penderita penyakit liver. Sekitar 70% dari jumlah tersebut adalah penderita Hepatitis B, sementara 10 juta di antaranya merupakan penderita fibrosis hati, serta 3 hingga 5 juta dari populasi tersebut terkena sirosis hati.

Pantangan Penderita Penyakit Liver

Pantangan Penderita Penyakit Liver

Serangan beberapa penyakit liver termasuk virus hepatitis B dan C serta zat-zat berbahaya bisa merusak dan menghancurkan organ hati secara total. Hal ini disebabkan terjadinya parut (fibrosis) di saat penyembuhan hati di bagian yang rusak. Bentuk parut bisa menjadi semakin banyak dengan semakin parahnya hepatitis. Akibatnya terjadi sirosis yaitu kondisi organ hati yang penuh parut yang berakibat hati tidak lagi dapat berfungsi secara normal.

Pantangan Penderita Penyakit Liver

Ada banyak pantangan penderita penyakit liver yang sudah seharusnya anda hindari. Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat, supaya terhindar dari penyakit liver. Liver merupakan salah satu organ yang teramat vital serta menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri. Selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan penderita liver sebagai berikut :

  1. Makanan Berlemak Tinggi

Pantangan penderita penyakit liver adalah makanan yang berlemak tinggi. Makanan dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. Contoh makanan seperti ini antara lain jeroan, kari daging ayam, sapi, kambing. Sebaiknya penderita penyakit liver menghindari makanan seperti ini.

  1. Makanan Kemasan Kaleng

Pantangan penderita penyakit liver adalah makanan kemasan kaleng. Makanan kalengan juga harus dihindari oleh penderita penyakit hati. Sebut saja sarden, kornet, sosis dan semua jenis makanan olahan lain.

  1. Beberapa Jenis Sayuran

Makanan pantangan penderita penyakit liver berupa jenis makanan yang bisa memicu gas di dalam perut. Cotohnya antara lain lobak, buah mentimun, sayur kol, sayur sawi, ubi, kacang merang.

  1. Beberapa Jenis Buah-buahan

Pantangan penderita penyakit liver adalah beberapa jenis buah-buahan. Buah yang sebaiknya dihindari oleh pengidap liver adalah buah durian, nangka, anggur, dan buah nangka.

  1. Makanan Dengan Bumbu Rempah Tinggi

Pantangan penderita penyakit liver adalah makanan dengan bumbu rempah tinggi. Jenis masakan dengan bumbu yang sangat menyengat. Misalnya makanan dengan cabai, bawang, merica, jahe dan juga cuka yang banyak. Jika anda yang suka makan di restoran Padang, maka sebaiknya dihindari karena makanan padang kaya akan bumbu rempah-rempahan.

  1. Seafood

Beberapa jenis seafood seperti udang, kerang, cumi, dan kepiting menjadi pantangan penderita penyakit liver.

  1. Minuman Alkohol dan Bersoda

Penderita penyakit liver juga harus menghindari semua jenis makanan atau minuman yang beralkohol dan mengandung soda.

Bagi penderita liver, terapi diet sangat penting untuk dilakukan. Kandungan gizi pada terapi diet penderita hepatitis berbeda-beda tergantung pada kondisi penderita. Total kalori yang diberikan juga berbeda, tergantung besar badan dan aktivitas penderita.

Itulah daftar beberapa makanan pantangan penderita penyakit liver. Sekian artikel mengenai pantangan penderita penyakit liver. Semoga artikel mengenai pantangan penderita penyakit liver diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Pantangan Penderita Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*