Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

 

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver – Penyakit liver merupakan suatu gangguan pada fungsi hati yang menyebabkan timbulnya penyakit bagi tubuh. Hati merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh. Hati juga dianggap sebagai kelenjar karena memiliki fungsi membuat dan mengeluarkan empedu. Penyakit liver timbul disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya pola hidup yang tidak sehat, sering begadang, infeksi virus atau bakteri, memiliki kelainan dalam metabolisme tubuh, trauma atau luka pada organ hati, tidak memperhatikan kebersihan alat-alat makan dan minum, efek samping obat-obatan tertentu, kecanduan alkohol dan kelainan bawaan lahir.

Pola hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab sakit liver, misalnya ketika tubuh dipaksa untuk bekerja terlalu keras hingga tidak memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, orang yang sering begadang juga memiliki risiko lebih besar mengalami sakit liver. Hal ini dikarenakan hati menjadi bekerja lebih cepat sehingga detoksifikasi juga menjadi lebih tinggi. Untuk membantu hati Anda, Anda dapat mengubah pola makan Anda untuk memberi hati nutrisi yang penting agar dapat berfungsi dengan efisien.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

Ada pantangan tertentu yang beresiko dapat mempersulit kesembuhan penyakit liver jika dilanggar oleh penderitanya. Berikut beberapa pantangan makanan untuk penyakit liver :

  1. Pizza

Pizza adalah salah satu jenis junk food populer yang sering di konsumsi termasuk orang Indonesia. Rasanya yang nikmat, gurih dan banyak variasi rasa membuat makanan ini menjadi makanan yang digemari. Akan tetapi, pizza sendiri dibuat dari bahan yang tidak sehat. Pada adonan roti pizza terbuat dari tepung terigu yang halus serta menggunakan daging yang sudah di proses sehingga keseluruhan pizza mengandung kalori tinggi yang akan mengganggu fungsi hati sebagai alat ekskresi sehingga tidak boleh dikonsumsi penderita liver.

  1. Roti Putih

Pada umumnya, roti terbuat dari bahan dasar gandum dan mengandung protein gluten. Sedangkan untuk jenis roti yang buruk dikonsumsi penderita liver adalah roti berbasis gandum tersebut khususnya bagi anda yang mempunyai penyakit seliaka atau sensitivitas pada gluten. Sebagian roti terbuat dari gandum olahan yang rendah akan nutrisi dan bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah sangat cepat.

  1. Beberapa Jenis Jus

Dalam juga memang mengandung banyak antioksidan serta vitamin C, akan tetapi dalam jus kemasan juga memiliki kandungan gula cair yang banyak sehingga berbahaya untuk kesehatan hati dan bisa menyebabkan timbulnya perlemakan hati dan sangat berbahaya untuk penderita liver. Jika tetap ingin mengkonsumsi jus kemasan, anda bisa memilih jus blueberry atau pomegrenate yang lebih sedikit kandungan gulanya. Namun, hindari mengkonsumsi jus tersebut setiap hari untuk mengganti asupan air putih anda.

  1. Cake dan Kue Kering

Cake dan juga kue kering menjadi camilan yang sangat disukai semua orang karena rasanya yang manis, lezat dan banyak varian rasa. Meskipun nikmat, namun kedua makanan ini terbuat dari gula halus, tepung gandum halus dan lemak tambahan tidak sehat atau lemak trans. Mengkonsumsi banyak cake dan juga kue kering akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh menyeluruh khususnya bagi penderita liver sebab mengandung bahan tidak sehat dan kalori yang tinggi.

  1. Kentang Goreng dan Keripik Kentang
Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

Meski kentang adalah makanan sehat dan menjadi sumber karbohidrat baik pengganti nasi, namun kentang yang diolah menjadi kentang goreng serta keripik merupakan pantangan untuk para penderita liver karena tinggi akan kalori dan karena rasanya yang nikmat maka membuat seseorang bisa makan terlalu berlebih.

Dari beberapa studi yang dilakukan sudha menghubungkan kentang goreng dan juga keripik kentang dengan bertambahnya berat badan dan membuktikan jika olahan makanan ini memiliki kandungan akrilamida yakni zat karsogenik yang terbentuk pada saat kentang digoreng atau dipanggang. Cara terbaik untuk mengkonsumsi kentang adalah dengan direbus.

  1. Junk Food Bebas Gluten

Bebas gluten menjadi gaya hidup yang cukup banyak digandrungi saat ini, namun masalahnya adalah diet bebas gluten ini dilakukan dengan mengganti makanan yang mengandung gluten menjadi makanan cepat saji olahan bebas gluten. Produk pengganti bebas gluten ini sangat tinggi akan kandungan gula, minyak jenuh dan juga berbagai biji halus seperti pati jagung atau tepung tapioka. Pati halus tersebut yang menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh jadi meningkat tajam dan rendah kandungan nutrisinya sehingga harus dihindari penderita liver.

  1. Keju Olahan

Keju biasa yang belum diolah sangat tinggi akan nutrisi bahkan dalam 1 ieis keju mengandung nutrisi sama dengan segelas susu. Akan tetapi untuk keju yang sudah diolah sudah ditambahkan dengan beberapa bahan sehingga tekstur dan rasa dari keju olahan bisa serupa dengan keju asli.

  1. Daging Merah

Mengkonsumsi terlalu banyak daging merah akan menurunkan fungsi hati dan bisa menimbulkan beberapa masalah seperti perlemakan hati. Daging merah sangat tinggi akan kandungan lemak dan protein sehingga jika terlalu banyak dikonsumsi akan membuat organ hati kesulitan dalam memecah protein. Protein tersebut akhirnya berubah menjadi racun dan berkembang menjadi kerusakan fungsi otak sehingga tubuh gampang lelah dan kepala terasa pusing. Ini membuat daging merah bukan menjadi makanan untuk penderita perlemakan hati serta penderita liver.

  1. Sup Kaleng

Sup yang dikemas dalam kaleng termasuk dalam jenis makanan kemasan dan didalamnya mengandung banyak bahan tidak sehat seperti pengawet, pemanis buatan dan juga pewarna. Dari penelitian membuktikan jika sup kaleng akan menambah jumlah penumpukan lemak di tubuh, kadar lemak tinggi dalam aliran darah dan menggandakan jumlah lemak pada organ hati sehingga akhirnya menimbulkan penyakit pada organ hati seperti hati berlemak dan obesitas.

  1. Tiram

Mengkonsumsi kerang mentah khususnya tiram akan meningkatkan resiko jenis penyakit hepatitis yakni  hepatitis A. Tiram akan terkontaminasi dengan air yang kemungkinan juga sudah tercemar dengan virus hepatitis A dan beberapa jenis virus lainnya. Hepatitis yang merupakan penyakit hati ini jika berlangsung dalam beberapa minggu maka akan menyebabkan penyakit serius untuk jangka panjang dan bisa terjadi pada kapan saja jika tersentuh atau menelan apa saja yang sudah terkontaminasi virus tersebut.

  1. Kuning Telur

Telur menjadi menu sarapan populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Dalam telur ayam mengandung kadar kolesterol tinggi khususnya pada bagian kuning telur sehingga harus dihindari untuk penderita liver.

  1. Makanan Dipanggang atau Dibakar

Makanan yang diolah dengan cara panggang atau bakar sangat berbahaya untuk penderita liver karena makanan tersebut akan meningkatkan partikel beracun dari arang yang menempel pada makanan. Partikel dari arang tersebut akan diserap hati dan menyebabkan radikal bebas yang sangat buruk untuk penderita liver. Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*