Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

 

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami, Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada trubuh yang bersifat racun.

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh penghasil amonia, urin serta asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino. Racun yang ada pada tubuh dipecah oleh hati kemudian hasilnya dikeluarkan melewati empedu serta feses yang menurut ilmu kedokteran dinamakan dengan detoksifikasi. Karena itulah penyakit liver sangat berbahaya dan harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat,

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Sakit liver yang sering orang kebanyakan menyebutnya sebagi sakit kuning, dalam istilah medis disebut juga penyakit hepatitis, jenis penyakit hepatitis ada hepatitis A, B, C, D atau D penyakit hepatitis pada umumnya menyerang hati. Penderita liver atau hepatitis kebanyakan menyerang masyarakat terutama golongan bawah meskipun tidak menutup kemungkinan kelas orang kayapun juga banyak yang terserang penyakit ini. Bahaya penyakit liver bila tidak ditangani dengan segera atau cepat diobati maka dapat menyebabkan kematian bagi si penderita. Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Berikut ini beberapa tips mudah yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi penyakit liver secara alami, diantaranya :

  1. Membatasi Cairan Sodium

Perlu diketahui, cairan sodium mampu meningkatkan resistensi cairan serta menimbulkan pembengkakan jika dikonsumsi secara berlebih. Ketika Anda sudah berada di titik dimana liver mulai terserang penyakit, biasanya kemampuan darah untuk mempertahankan cairan akan berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh sistesis protein yang menurun di dalam hati. Oleh karena itu batasi cairan sodium untuk mengatasi penyakit liver secara alami.

  1. Temulawak

Temulawak dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi penyakit liver. Selain dapat melindungi liver, memperkuat sel-sel liver, temulawak juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Dengan kandungan curcumin yang dimilikinya membuat tanaman ini mampu mencegah terjadinya peradangan dan anti hepatotoksik yang akan sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati.

  1. Sambiloto

Sambiloto dapat mengatasi penyakit liver. Memiliki kandungan zat andrographolid yang mampu menimbulkan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi utama dari zat ini adalah merusak inti sel tumor serta berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Kunyit

Fungsi dari tanaman ini yang sangat umum adalah mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan. dengan kandungan kurkimin yang dimilikinya membuat tanaman ini dipercaya sebagai salah satu tanaman yang mampu mengatasi penyakit liver.

  1. Pegagan

Pegagan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam, kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vallerine, zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticosida dan senyawaan sejenis, mempunyai khasiat anti lepra (Morbus Hansen). Pegagan memiliki efek hepatoprotektor pada penderita hepatitis dengan kandungan asiatikoside dimana mekanismenya menigkatkan perbaikan dan penguatan sel hati disamping itu pula asiatikoside bertindak sebagai pengangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu fungsi dari Pegagan adalah meregenerasi sel-sel liver yang rusak dan mengembalikannya menjadi sel-sel yang sehat. Pegagan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit liver.

  1. Teh hijau

Cara mengatasi penyakit liver dengan teh hijau. Teh hijau adalah minuman bagi hati Anda sejak masa silam. Kandungan antioksidan pada tanaman ini yang diberi nama catechin memiliki fungsi yang baik untuk membantu kinerja liver. Selain itu, teh hijau juga baik untuk diet Anda secara ke seluruhan.

Ada beberapa cara mengatasi penyakit liver yang bisa ditempuh yakni dengan cara medis, cara tradisonal, maupun kombinasi antara kedua cara tersebut. Oleh karena itu sangat penting menjaga kesehatan hati, agar tidak sampai terjangkit penyakit tersebut. Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*