Makanan Penyebab Liver

Makanan Penyebab Liver

Makanan Penyebab Liver – Salah satu organ tubuh yang paling sibuk setiap hari adalah hati. Hati berfungsi menyaring racun dan membuat enzim. Hati bekerja sepanjang hari untuk memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan serta menjaganya dari racun, juga menyaring udara ketika kita bernafas.

Fungsi liver

  • Mendeteksi kasih racun racun yang terdapat di dalam tubuh
  • Berfungsi sebagai tempat penyimpanan vitamin dan mineral di dalam tubuh
  • Sebagai sintesis atau pembuatan protein dan juga pemecahan protein yang ada di dalam tubuh.
  • Sebagai pusat metabolisme di dalam tubuh
  • Membantu pengolahan makanan yang masuk ke dalam tubuh
  • Mengubah zat buangan dan racun untuk dikeluarkan dalam empedu dan juga urine
  • Memproduksi enzim dan juga hormon yang ada di dalam tubuh.

Ketika hati tidak bekerja dengan baik mungkin kita akan merasa lemah, murung, dan kembung. Dalam beberapa kasus, bahkan menjadi lebih sering lapar.

Menurut American Liver Foundation, penyakit hati yang tidak disebabkan mengkonsumsi alkohol menjangkiti satu dari empat orang di Amerika Serikat. Umumnya, bermula dari makanan yang menyebabkan penyakit degeneratif pada hati seperti makanan cepat saji, karbohidrat olahan, dan terlalu banyak gula.

Makanan Penyebab Liver

Untuk menjaga kesehatan liver maka kita perlu mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat menyebabkan dan juga makanan yang baik untuk penderita liver. Apa saja makanan penyebab liver ? Berikut adalah 10 Makanan Penyebab Liver, antara lain :

  1. Makanan berlemak tinggi
Makanan Penyebab Liver

Makanan Penyebab Liver

Makanan yang berlemak tinggi juga merupakan makanan yang perlu dihindari oleh penderita penyakit liver, adapun makanan-makanan yang memiliki lemak yang tinggi antara lain kari daging ayam, kari daging sapi, kari daging kambing, susu yang full cream, jeroan, keju, mentega jenis makanan makanan yang digoreng dan juga jenis makanan yang memiliki santan. Untuk menghindari penyakit liver anda perlu meminimalis mengkonsumsi makanan makanan yang berlemak tinggi. Selain itu Jika anda sudah menderita penyakit liver maka anda perlu menghindari makanan makanan tersebut.

  1. Beberapa jenis buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan yang dapat menyebabkan seseorang terkena liver, Adapun beberapa jenis buah-buahan yang perlu dihindari oleh seseorang yang mengalami penyakit liver. Buah-buahan yang menyebabkan seseorang terkena penyakit liver adalah buah durian, buah nangka, dan buah anggur. Untuk itu agar kita dapat terhindar dari penyakit liver  kita perlu menghindari buah-buahan seperti buah durian buah nangka dan juga buah anggur.

  1. Makanan yang memicu gas

Makanan yang memicu gas juga perlu dihindari agar tidak terkena penyakit liver, adapun makanan-makanan yang dapat memicu gas di dalam perut misalnya adalah lobak, buah mentimun, kacang merang, sayur Kol, dan sayur sawi. Meskipun makanan-makanan diatas memiliki manfaat lain namun bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit liver anda perlu meminimalis makanan tersebut dan ketika anda sudah terkena penyakit liver anda perlu menghindari makanan tersebut.

  1. Makanan kemasan kaleng

Makanan kaleng juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit liver misalnya adalah sarden kornet sosis dan lain-lain. Untuk itu agar kita dapat terhindar dari penyakit liver maka kita perlu meminimalis atau menghindari makanan makanan kemasan kaleng.

  1. Seafood

Tidak semua jenis seafood yang merupakan pantangan untuk seseorang yang terkena liver, Adapun makanan Seafood yang menjadi penyebab penyakit liver adalah udang kerang dan kepiting. Makanan Seafood memang banyak disukai oleh berbagai kalangan, namun untuk menjaga kesehatan tubuh kita perlu menghindari makanan makanan Seafood seperti yang telah dijelaskan diatas. Meskipun mengkonsumsinya kita perlu meminimalis mengkonsumsi makanan-makanan tersebut agar kita tidak terkena penyakit liver. Makanan seafood merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga perlu diwaspadai dan tidak boleh terlalu banyak dalam mengkonsumsinya.

  1. Minuman alkohol dan bersoda

Salah satu penyebab terjadinya liver adalah minuman alkohol dan juga bersoda, untuk itu agar dapat terhindar dari penyakit liver maka kita harus menghindari minum minuman yang beralkohol dan juga minum minuman yang memiliki banyak soda.  tidak hanya penyakit liver saja namun minuman bersoda dan juga minuman beralkohol dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya.

  1. Makanan berbumbu rempah tinggi

Makanan dengan bumbu rempah yang tinggi dan menyengat disebabkan oleh cabai bawang merica jahe dan juga cuka yang cukup banyak, untuk penderita liver harus menghindari makanan makanan yang mengandung bumbu rempah yang tinggi.

  1. Lemak trans

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang umum ditemukan di alam namun bisa disintesis secara buatan. Lemak trans terdapat pada makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi secara parsial atau minyak yang mengandung lemak jenuh pada makanan olahan seperti yang biasa dibeli di toko kue. Lemak trans juga cepat meningkatkan kolesterol jahat. Jangan terkejut jika lemak trans terkandung dalam makanan seperti: craker, cookies, biskuit, dressing salad, dan popcorn yang dibuat dengan microwave.

  1. Sodium

Makanan yang mengandung sodium tinggi umumnya berasal dari makanan kalengan seperti sop instan. Dalam jumlah normal sodium membantu mengatur cairan dalam tubuh dari tekanan darah. Namun terlalu banyak sodium dapat menyebabkan kelebihan cairan dalam hati. Makanan yang mengandung banyak sodium antara lain: daging, keju, pizza, kecap.

  1. Makanan yang digoreng

Kita semua tahu bahwa gorengan terutama dari restoran cepat saji memiliki efek negatif pada hati. Kentang goreng atau ayam goreng renyah isi keju, memiliki efek buruk pada hati, mirip dengan hepatitis. Makan makanan yang digoreng juga meningkatkan kolesterol jahat. Makanan yang  perlu diwaspadai antara lain: goreng-gorengan, kentang goreng, roti sandwich, stik mozarella, dan donat.

Dengan mengetahui makanan – makanan penyebab liver maka kita akan lebih mudah untuk menghindari penyakit liver dan terhindar dari penyakit penyakit lainnya. Semoga bermanfaat …

Makanan Penyebab Liver

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*