Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

 

Apakah Hepatitis B Menular ? Apa itu Hepatitis B? Hepatitis B merupakan infeksi virus hepatitis yang sangat menular. Penularan melalui aktivitas seksual dengan pasangan yang terinfeksi atau melalui kontak dengan darah dan cairan tubuh dari seseorang dengan Hepatitis B, seperti menggunakan jarum suntik bergantian.

Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

Kebanyakan orang memiliki gejala hepatitis B akut dalam waktu yang singkat, kemudian sembuh dengan sendirinya. Tapi beberapa orang tidak mampu membasmi virus dari tubuh sehingga infeksi dapat berlanjut menjadi kronis (jangka panjang). Hampir 90% bayi yang terinfeksi akan terus memiliki virus seumur hidupnya. Seiring waktu, Hepatitis B dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius termasuk sirosis hingga kanker hati.

Gejala Hepatitis B

Sebagian besar orang yang terinfeksi hepatitis B memang tidak menunjukkan gejala apapun, tapi gejala-gejala umum yang tampak pada sebagian kecil penderita hepatitis B adalah sebagai berikut:

Hepatitis B akut (terinfeksi kurang dari 6 bulan)

  • Mual, muntah, nafsu makan turun dan panas
  • Warna air seni coklat seperti teh
  • Bagian putih mata tampak kuning
  • Kulit seluruh tubuh tampak kuning
  • Warna tinja kuning

Hepatitis B kronik (lebih dari 6 bulan atau menahun)

Sebagian besar tanpa gejala nyata. Tapi keluhan umum seperti lemas, lekas capek, ngantuk, gangguan pencernaan, kembung, mual dan kurang nafsu makan.

Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh, misalnya sperma dan cairan vagina. Virus penyakit ini jauh lebih mudah ditularkan dibandingkan HIV. Beberapa cara penularannya adalah:

  • Kontak seksual, misalnya berganti-ganti pasangan dan berhubungan seks tanpa alat pengaman. Hepatitis B Menular
  • Berbagi jarum suntik. Misalnya menggunakan alat suntik yang sudah terkontaminasi darah penderita hepatitis B. Hepatitis B Menular
  • Kontak dengan jarum suntik secara tidak disengaja. Misalnya petugas kesehatan (paramedis) yang sering berurusan dengan darah manusia. Hepatitis B Menular
  • Ibu dan bayi. Ibu yang sedang hamil dapat menularkan penyakit ini pada bayinya saat persalinan. Hepatitis B Menular

Pencegahan Hepatitis B Menular

Langkah efektif dalam pencegahan hepatitis B menular adalah dengan vaksin. Di Indonesia sendiri, vaksin hepatitis B termasuk vaksin wajib dalam imunisasi. Proses pemberian vaksin dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu saat anak lahir, saat anak berusia satu bulan, dan saat anak berusia 3-6 bulan. Tetapi orang dewasa dari segala umur dianjurkan untuk menerima vaksin hepatitis B.

Pemberian vaksin ini juga dianjurkan untuk mereka yang berisiko tinggi tertular hepatitis B, seperti:

  • Orang yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Orang yang menggunakan obat suntik atau berhubungan seks dengan pengguna obat suntik.
  • Petugas kesehatan (paramedis) yang berisiko terpapar virus hepatitis B. Orang yang tinggal serumah dengan penderita hepatitis B.
  • Penderita penyakit hati kronis.
  • Penderita penyakit ginjal.

Pemeriksaan hepatitis B juga diterapkan bagi ibu hamil. Jika sang ibu mengidap penyakit ini, bayinya dapat menerima vaksin pada saat lahir (12 jam setelah persalinan) untuk mencegah penularan dari ibu ke bayi.

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko hepatitis B menular di antaranya adalah:

  • Berhenti atau jangan menggunakan obat-obatan terlarang. Hepatitis B Menular
  • Hindari berbagi penggunaan barang seperti sikat gigi, anting-anting, serta alat cukur.
  • Waspadalah saat ingin menindik dan menato tubuh. Hepatitis B Menular
  • Jangan berhubungan seks tanpa alat pengaman kecuali Anda yakin pasangan Anda tidak memiliki hepatitis B atau penyakit kelamin menular lainnya.

Untuk mengobati hepatitis B menular, Anda bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini. Hepatitis B Menular

Pesan sekarang juga sebelum KEHABISAN STOCK !!

Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*