Hemochromatosis

Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah gangguan genetik yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan zat besi itu tersimpan di dalam organ-organ tertentu, terutama hati, jantung dan pankreas. Padahal kelebihan zat besi ini dapat meracuni organ-organ tersebut dan mengakibatkan kondisi mematikan seperti kanker, arrhytmia jantung dan sirosis.

Hemochromatosis

Hemochromatosis

Kandungan besi yang normal dari tubuh adalah tiga sampai empat gram. Jumlah total dari besi dalam tubuh dikontrol secara hati-hati. Tubuh kehilangan satu mg besi setiap hari dari keringat dan sel-sel yang dikucurkan dari kulit dan lapisan dalam usus-usus. Wanita-wanita juga kehilangan satu mg besi setiap hari dari menstruasi. Pada dewasa-dewasa yang normal usus-usus menyerap satu mg besi setiap hari dari makanan untuk menggantikan besi yang hilang, dan oleh karenanya, tidak ada akumulasi yang berlebihan dari besi dalam tubuh. Ketika kehilangan-kehilangan besi lebih besar, lebih banyak besi diserap dari makanan.

Kebanyakan penderita gangguan ini adalah keturunan Kaukasia, namun hanya sebagian kecil penderita yang kondisinya serius. Hemochromatosis lebih cenderung menjadi serius pada pria dan gejalanya biasanya muncul pada usia paruh baya.

Gejala Hemachromatosis

Hemachromatosis merupakan penyakit turunan dan sudah ada sejak seseorang tersebut lahir. Namun gejala penyakit ini baru terlihat setelah orang tersebut memasuki usia 50 hingga 60 tahun. Pada wanita, gejala penyakit ini baru muncul setelah menopause saat wanita tidak lagi kehilangan zat besi dari menstruasi dan kehamilan.

Jika hemochromatosis tidak segera diatasi, penyakit ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi terutama di persendiam dan organ-organ tempat zat besi disimpan seperti hati, pankreas, dan jantung. Komplikasi yang muncul dapat berupa kanker hati, masalah pada pankreas, jantung, hati dan sistem reproduksi.

Penyebab Hemochromatosis

Hemochromatosis biasanya disebabkan oleh faktor genetik. Namun, hemochromatosis juga bisa disebabkan oleh beberapa transfusi darah dan penyakit hati tertentu, terutama sirosis. Infeksi hepatitis C kronis juga dapat mengakibatkan peningkatan penyimpanan zat besi.

Mengobati dan Mencegah Hemochromatosis

Kabar baiknya adalah bahwa hemochromatosis dapat diobati. Tujuan pengobatan ini cukup sederhana: untuk menghilangkan kelebihan zat besi dari tubuh dan untuk mengobati organ yang rusak. Biasanya, pengobatan terbaik adalah menghapus kelebihan zat besi dengan menyedot darah (phlebotomy) – sekitar setengah liter sekali atau dua kali seminggu. Proses ini sangat mirip dengan donor darah.

Karena setiap orang memiliki kadar zat besi pada tingkat yang berbeda, beberapa orang mungkin bisa pergi tanpa phlebotomy secara rutin selama beberapa waktu (mungkin 6 sampai 12 bulan). Obat-obatan yang khelat (mengikat) besi (misalnya, deferoxamine) dan menghapusnya dari tubuh hanya diperlukan pada pasien dengan masalah jantung yang disebabkan oleh hemochromatosis dan pada mereka yang tidak dapat melakukan perawatan phlebotomy karena mereka memiliki anemia.

Untuk pencegahan, semua kerabat tingkat pertama (misalnya, orang tua, saudara, atau anak-anak) dari seseorang dengan hemochromatosis harus diskrining untuk kondisi tersebut. Sangat penting untuk mendeteksi penyakit sejak dini sehingga pengobatan bisa dimulai sebelum terjadi kerusakan organ.

Untuk mengobati dan mencegah Hemochromatosis, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Mengapa harus Super Lutein (S. Lutena)? Peranan Super Lutein (S.Lutena) sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein (S.Lutena) yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

S-Lutena juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus / Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Hemochromatosis

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*