Gejala Penyakit Liver Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Liver Yang Harus Diwaspadai

 

Gejala Penyakit Liver – Hati adalah organ terbesar dalam tubuh yang terletak di bagian kanan atas perut di bawah diafragma. Hati adalah organ berwarna cokelat kemerahan, memiliki pernanan penting dalam tubuh yang membantu dalam pencernaan makanan, dan regulasi kadar kimia dalam darah. Hati menghasilkan cairan empedu yang membawa serta limbah-limbah dari hati, lebih lanjut cairan empedu ini berguna untuk mencerna lemak yang kita makan. Hati mengkonversi kelebihan glukosa menjadi glikogen sebagai cadangan energi, yang dapat dikonversi kembali menjadi glukosa saat kadar gula darah dalam tubuh berkurang.

Gejala Penyakit Liver Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Liver Yang Harus Diwaspadai

Penyakit liver atau penyakit hati tentu akan mempengaruhi fungsi hati dan menyebabkan kerusakan parah. Gejala penyakit liver pada tahap awal memang terjadi secara samar-samar, oleh sebab itu bagi yang tidak sensitif atau tidak menghiraukannya bisa jatuh ke dalam gangguan liver yang berat.

Tanda-tanda dan gejala liver ada banyak sekali, karena memang ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan masalah atau penyakit pada hati. Dengan mengenali gejala penyakit liver sejak dini dan melakukan pengobatan dengan tepat, maka hal itu akan sangat berpengaruh terhadap kesembuhan, kita pun dapat mencegah agar jangan sampai penyakit liver berkembang menjadi parah.

Dalam hal penangananpun tidak semua jenis penyakit liver dapat diobati, kondisi penyakit hati yang berat seperti sirosis hati dan juga kanker hati tidak hanya membutuhkan obat-obatan, tetapi juga membutuhkan perawatan yang luar biasa sulit bahkan tak jarang pasien harus menjalani cangkok hati (transplantasi). Itulah kenapa penting sekali untuk menjaga hati kita agar selalu sehat, kalaupun sudah terkena jangan sampai kita kecolongan. Caranya bagaimana? dengan mengenali gejala penyakit liver sejak dini. Berikut beberapa gejala penyakit liver yang harus Anda waspadai dan kenali sejak dini :

  1. Nyeri Sendi

Gejala penyakit liver yang pertama adalah nyeri sendi. Umumnya nyeri sendi bisa dialami semua orang, terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas fisik terlalu sering. Namun jika Anda mengalami nyeri sendi disertai dengan mual, muntah, hilang nafsu makan, dan sering lelah sebaiknya Anda mewaspadainya. Sebab hal tersebut merupakan gejala umum dari penyakit hepatitis autoimun. Lalu apa itu hepatitis autoimun? Hepatitis autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan Anda sendiri.

  1. Perut Terasa Sakit dan Mengalami Pembengkakan

Gejala penyakit liver yang kedua adalah perut terasa sakit dan mengalami pembengkakan. Jika sudah begini,  mungkin hati Anda sudah dalam tahap bahaya. Sehingga Anda harus membawanya ke klinik setempat. Perlu Anda ketahui pula bahwa hati menempati sebagian besar rongga perut Anda. dan perlemakan biasanya ada di sisi kanan.

  1. Mata dan Kulit Menguning

Gejala penyakit liver yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah mata dan kulit menguning. Hati yang tidak sehat, memiliki masalah dalam membuang bilirubin (senyawa yang berwarna kekuningan). Dan ketika tubuh memecah sel-sel darah tua, salah satu produk sisa yang diciptakan adalah bilirubin.

Ketika hati sakit dan tidak berfungsi dengan normal, hati tidak bisa mengeliminasi bilirubin. Sehingga akhirnya mengubah warna kulit dan mata menjadi kuning. Sebagai tambahan, warna urine dan kotoran yang gelap dan keruh juga merupakan tanda-tanda penyakit kuning.

  1. Kebingungan

Berikutnya adalah penderita mengalami kebingungan. Hati yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dalam darah dan otak. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan yang mirip dengan gejala alzheimer. Biasanya, gejala yang satu ini akan muncul jika penyakit hati sudah ada pada stadium lanjut.

  1. Bercak Pada Kulit

Hati yang sudah tidak berfungsi juga tidak bisa membersihkan darah dengan benar. Sehingga seseorang yang menderita penyakit liver akan mengalami masalah pembekuan darah di dekat permukaan kulit. Biasanya hal ini akan menimbulkan noda kulit besar yang menyerupai laba-laba atau tanda bintang atau yang biasa disebut angioma spider. Angioma spider umumnya muncul di dada.

  1. Urine Berwarna Gelap

Perhatikan warna urine, jika pekat kecokelatan seperti teh yang terlalu lama diseduh artinya gejala penyakit liver dialami oleh Anda. Warna ini terjadi karena racun di dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan secara alami ketika buang air kecil.

  1. Hilang Nafsu Makan

Kondisi ini membuat berat badan menurun drastis. Asupan nutrisi yang kurang juga membuat tubuh cepat lemah, letih, dan daya tahan tubuh menurun.

  1. Lemah Otot

Yang terakhir adalah lemah otot.  ketika lengan menjadi lemah, pergelangan kaki bengkak dan perut membesar hal ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan cairan  dalam tubuh karena hati yang sakit. Kelemahan otot ini juga dapat muncul di atas pipi dan di sekitar pelipis.

Nah itulah beberapa gejala penyakit liver yang perlu Anda waspadai. Gejala seperti kerusakan otot dan kebingunan menandakan bahwa penyakit hati sudah sampai pada tahap stadium lanjut.

Mencegah Penyakit Liver

Seperti  diberitahukan sebelumnya bahwa gejala penyakit liver stadium awal sulit untuk dideteksi, namun Anda bisa mengantisipasi gejala penyakit liver dengan menghindari hal-hal ini:

  • Alkohol yang Berlebihan

Tubuh Anda memiliki kadar toleransi makanan dan minuman untuk di konsumsi. Jika jumlahnya berlebihan dan dalam jangka waktu lama tentu saja bisa menyebabkan pembengkakan hati. Selain alkohol, konsumsi obat-obatan kimia dalam jumlah berlebihan juga bisa memberatkan kerja hati.

  • Hindari Obesitas

Beberapa dari Anda mungkin saja ada yang terobsesi untuk memiliki tubuh kurus, namun apakah tubuh kurus berarti sehat? Sebaiknya, ubah tujuan utama Anda untuk menurunkan berat badan yaitu untuk hidup lebih sehat. Tubuh yang tampak kurus hanyalah keuntungan lain dari ‘cita-cita’ menurunkan berat badan. Karena tingginya kadar lemak yang tertimbun pada sel-sel hati akhirnya akan menggangu fungsi hati.

  • Hidup Sehat

Ajuran ini sepertinya tidak pernah kadaluarsa. Menerapkan pola hidup sehat memang sangat penting. Mulai dari konsumsi makanan sehat, istirahat cukup, menghindari stress, hingga rutin berolahraga akan Anda rasakan manfaatnya untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Dengan kesibukan yang luar biasa, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan terutama organ-organ yang sifatnya vital bagi tubuh seperti hati. Semoga lewat artikel mengenai gejala penyakit liver ini, Anda dapat menjaga kondisi hati Anda agar selalu sehat, apabila sudah terlanjur terkena gangguan hati agar dapat mengurangi resiko dan mengatasinya.

Gejala Penyakit Liver Yang Harus Diwaspadai

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*