Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati

 

Gejala Kanker Hati, Hati adalah salah satu organ utama tubuh, dan sangat penting untuk hidup. Hati berperan dalam banyak proses tubuh, diantaranya memproduksi berbagai protein penting, memproses dan menyimpan nutrisi, menghancurkan toksin dan racun. Hati terbuat dari berbagai macam tipe sel tetapi dua sel utama hati adalah sel hati (hepatosit) dan sel-sel lapisan saluran empedu (kolangiosit).

Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati

Seperti bagian tubuh lainnya, sel-sel hati dapat mengalami perubahan dan menjadi kanker. Sel-sel hati yang bersifat kanker membentuk kanker hati (hepatoselular karsinoma, HCC). Sel-sel kanker yang berasal dari bagian tubuh lainnya dan menyebar ke hati, misalnya kanker usus besar yang sudah menyebar, pada dasarnya tidak dianggap sebagai kanker hati melainkan dikenal sebagai tumor hati sekunder atau kanker metastasis ke hati. Berikut beberapa gejala kanker hati :

  1. Urine Berwarna Gelap

Urine berwarna gelap bisa jadi gejala kanker hati. Meningkatkan kandungan bilirubin pada darah akibat kanker hati akan diteruskan ke urine. Hal ini menyebabkan urine berwarna kuning gelap atau cokelat, gejala kanker hati. Jika Anda memperhatikan perubahan warna urine, segera periksakan diri dan cari tahu apa yang salah pada kesehatan. Bisa jadi ada kanker yang tumbuh pada lever Anda.

  1. Ascitis

Ascitis adalah adanya cairan yang berkumpul di perut. Ini adalah salah satu gejala kanker hati. Perut yang terasa mual dan kembung serta diikuti oleh pembengkakan lever adalah salah satu gejala kanker hati tahap awal.

  1. Sakit Perut

Pembengkakan dan pembesaran lever akan menyebabkan terasa sakit pada perut. Sakit perut juga bisa muncul ketika fungsi lever terganggu, gejala kanker hati. Jika Anda mengalami sakit perut yang tak normal disertai dengan pembengkakan lever, kemungkinan Anda memiliki penyakit lever atau kanker tanda gejala kanker hati.

  1. Gatal-gatal

Jangan salah, gatal-gatal juga bisa menjadi salah satu tanda lever bermasalah, gejala kanker hati. Gejala kanker hati yang satu ini seringkali diabaikan dan disalahartikan sebagai penyakit lain. Gatal-gatal pada kulit disebabkan oleh meningkatnya bilirubin pada tubuh. Fungsi lever yang terganggu akan meningkatkan produksi bilirubin dan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

  1. Lever Membengkak

Hati atau lever terletak pada bagian perut sebelah kanan atas agak ke tengah. Jika lever membengkak, maka posisinya akan melebar hingga ke bagian tengah perut. Jika Anda merasa aneh atau sakit pada bagian itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ini adalah salah satu gejala kanker hati.

  1. Mual Dan Muntah

Jika Anda mengalami mual dan muntah tanpa sebab yang dikenal, periksa apakah Anda memiliki gejala lain dari gangguan fungsi hati. Muntah dan mual biasanya dianggap sebagai peringatan dini gejala kanker hati.

  1. Berat Badan Menurun

Hati adalah organ utama yang akan membantu tubuh kita dalam metabolisme. Gangguan fungsi hati akan menyebabkan penurunan berat badan, yang dapat dianggap sebagai salah satu yang paling penting dari gejala kanker hati tahap awal.

  1. Ikterus

Ikterus bukanlah penyakit, melainkan presentasi klinis penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan fungsi hati menyebabkan retensi bilirubin dalam tubuh. Penyakit kuning atau hepatitis biasanya dapat dijadikan indikator sebagai salah satu gejala kanker hati.

Konsultasikanlah kepada dokter jika Anda mengalami gejala – gejala kanker hati di atas.

Penyebab penyakit kanker hati sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun penyakit kanker hati primer (karsinoma hepatoseluler) cenderung terjadi pada hati/liver yang rusak karena cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, atau infeksi kronis akibat penyakit seperti hepatitis B dan C, hemochromatosis (terlalu banyaknya kadar besi dalam hati) dan sirosis. Lebih dari 50% orang yang terdiagnosa kanker hati primer, telah mengalami sirosis hati. Mereka yang menderita kondisi genetik yang disebut hemochromatosis memiliki risiko yang lebih besar.

Risiko kanker hati dapat dikurangi dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan dan olahraga teratur agar tubuh terhindar dari obesitas, serta menghindari konsumsi minuman keras dan rokok.

Selain itu, Anda juga bisa menghindari risiko terinfeksi hepatitis B dan C dengan vaksinasi dan berhubungan seksual secara aman. Jika Anda ingin menindik atau menato tubuh, pastikan untuk melakukannya di tempat yang memiliki alat-alat dengan tingkat kesterilan yang terjamin.

Gejala Kanker Hati

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*