Gejala Kanker Hati Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Hati Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

 

Gejala Kanker Hati Stadium Awal – Kanker hati adalah penyakit mematikan karena bisa menyebabkan kematian, untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui dan mencari tahu tentang gejala kanker hati stadium awal dengan kita mampu mendeteksi gejala awal maka hal buruk yang bisa terjadi bisa dihindari serta pengobatan kanker hati yang dijalankan akan lebih mudah, dengan begitu maka peluang untuk sembuh lebih besar.

Gejala Kanker Hati Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Hati Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

Hingga saat ini penyebab pasti akan munculnya kanker hati, belum diketahui secara pasti namun ada faktor yang bisa memicu dan meningkatkan resiko kanker hati yakni terjadinya kerusakan jaringan sel-sel hati akibat penyakit hepatitis B atau hepatiti C yang berkembang menjadi penyakit sirosis hati.

Selain itu kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan terus menerus juga bisa menyebabkan kanker hati, tidak hanya itu kelebihan berat badan juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya kanker hati karena berkaitan erat dengan penyakit perlemakan hati non alkoholik (Non Alcoholic Fatty Liver Disease = NAFLD).

Mengingat kanker hati adalah penyakit mematikan dan perlu mendapatkan penanganan yang intensif maka sangat penting bagi kita untuk mengenal gejala kanker hati stadium awal, dimana pada stadium ini penyakit kanker hati belum terlalu parah sehingga pengobatan yang dilakukan bisa lebih efektif.

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker hati stadium awal yang umumnya terjadi dan perlu diwaspadai, yakni :

  1. Lidah Pahit

Organ hati yang mulai mengalami kerusakan menandai bahwa sel kanker mulai menyebar. Meski masih awal dan berukuran kecil sel kanker ini dapat dengan cepat menyebar ke organ lainnya apalagi bila sudah merambah ke empedu. Empedu yang sudah rusak karena terkena sel kanker akan menaikkan kadar asam lambung sehingga menyebabkan mual dan kadang disertai rasa pahit di sekitar lidah.

  1. Nyeri Perut

Perut akan mengalami nyeri yang berbeda dari biasanya karena tekanan yang disebabkan oleh penyebaran sel kanker. Pada kondisi ini sel kanker semakin menyebar dengan cepat disertai dengan rasa penuh pada perut dan mengurangi rasa lapar. Sehingga wajar dalam kondisi ini pula nafsu makan anda akan berkurang.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu makan yang berkurang adalah akibat tingginya kadar asam lambung yang terbentuk dari kerusakan organ hati pada waktu awal sel kanker menyebar. Kondisi ini terkadang juga menimbulkan rasa mual serta muntah yang sangat mengganggu aktifitas makan penderita. Tahap ini biasanya dianggap sebagai penyebab penyakit yang sepele, namun sebenarnya pada kondisi inilah sel kanker menyerang tubuh. Jika penderita semakin tidak bernafsu makan akan lebih mudah sel kanker tumbuh karena tubuh dalam kondisi lemah.

  1. Nyeri Ulu Hati

Sejauh ini tidak banyak diketahui penyebaran sel kanker yang dapat dengan cepat menuju ke organ lain hanya dalam waktu beberapa minggu saja ternyata disebabkan oleh penanganan yang tidak segera dilakukan saat merasakan nyeri pada ulu hati. Nyeri pada bagian ini biasanya dianggap bagian dari penyakit maag akut. Anggapan semacam ini akan mengakibatkan rasa nyeri terus berlanjut sementara sel kanker tetap menyebar dan menekan organ hati. Bahkan disertai dengan pembengkakan yang akan menekan paru-paru. Terkadang kondisi ini juga disertai dengan sesak napas bagi penderita.

  1. Bengkak Kaki dan Tangan

Kondisi organ yang tidak normal lainnya dapat diketahui saat beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan. Khususnya pada kaki dan tangan. Pembengkakan tersebut dapat berlangsung cukup lama tanpa disertai penyebab yang jelas.

  1. Penyakit Kuning

Penyebab utama kanker hati biasanya diawali dengan riwayat pasien yang pernah mengalami hepatitis atau gangguan liver. Riwayat kedua penyakit tersebut sangat berkaitan dengan terjadinya disfungsi organ hati, sehingga memerlukan penanganan dan perhatian khusus. Racun yang bersarang dalam tubuh dan seharusnya dinetralisir oleh hati justru semakin menyerang tubuh karena fungsi hati yang tidak optimal. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan cairan empedu yang bercampur dengan darah dan menjadikan beberapa bagian seperti bola mata, kuku menjadi berwarna kekuningan atau biasa disebut penyakit kuning.

  1. Berat Badan Menurun

Gejala yang berkaitan dengan berat badan yang menurun secara tiba-tiba sebenarnya merupakan pengaruh dari nyeri pada lambung dan ulu hati yang akhirnya memunculkan rasa mual dan berkurangnya nafsu makan. Kondisi tersebut yang mengakibatkan berat badan menurun secara cepat. Apalagi sistem metabolisme tubuh kurang optimal akibat sel kanker yang bersarang di organ dalam paling vital yaitu hati.

  1. Komplikasi

Komplikasi dengan penyakit lainnya kemungkinan besar akan terjadi. Terutama jika penderita memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan liver, atau jantung. Hal tersebut dapat mengakibatkan adanya kerusakan yang lebih parah pada organ hati. Komplikasi akan semakin terlihat bersamaan dengan meningkatnya aktifitas sel kanker.

  1. Perubahan Warna Feses dan Urine

Fungsi hati yang sangat kompleks menyebabkan organ penting ini berpengaruh signifikan terhadap fungsi bagian tubuh yang lain. Fungsi hati yang paling penting adalah menyerap racun serta membantu metabolisme tubuh. Disfungsi pada hati dapat menyebabkan penyerapan nutrisi pada proses metabolisme kurang optimal, sehingga zat tersebut tidak terserap sempurna dan berakibat perubahan warna pada feses dan urin penederita karena gangguan pada ginjal.

  1. Kelelahan

Kelelahan dapat menjadi awal dari tanda penyakit kanker. Pada stadium awal, penderita akan merasakan sesak pada bagian ulu hati yang mengakibatkan rasa nyeri sehingga enggan beraktifitas. Badan juga akan terasa lebih mudah lelah dari biasanya, sambil sesekali pandangan matanya berkunang-kunang. Ini tanda awal tumor yang mulai tumbuh pada bagian tubuh.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala kanker hati stadium awal ini. Semoga bermanfaat …

Gejala Kanker Hati Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*