Gejala Kanker Hati, Apa Saja ?

Gejala Kanker Hati, Apa Saja ?

 

Kanker hati adalah kanker yang bermula dari organ hati atau liver. Ada dua klasifikasi kanker hati berdasarkan lokasi pertumbuhan atau penyebarannya (metastasis), yaitu kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Kanker hati sekunder bermula dari bagian tubuh lain kemudian menyebar dan tumbuh di organ hati.

Gejala Kanker Hati, Apa Saja ?

Gejala Kanker Hati, Apa Saja ?

Salah satu jenis kanker hati yang paling umum adalah hepatocellular carcinoma (HCC)/hepatoma yang merupakan kanker hati primer yang berkembang dari sel hati utama yang bernama hepatosit. HCC terjadi sekitar 75% dari keseluruhan kanker hati primer. Kanker ini dapat merupakan komplikasi dari penyakit hepatitis (peradangan pada organ hati) dan kondisi sirosis (jaringan hati normal digantikan oleh jaringan parut).

Kanker hati sekunder umumnya dinamakan menurut organ asal lokasi sel kanker awal berkembang, seperti kanker kolon metastasis, yang bermula di usus besar kemudian menyebar ke hati. Kanker hati sekunder lebih sering terjadi dibandingkan kanker hati primer. Selain penyebaran dari kanker di usus besar, kanker hati sekunder juga banyak berasal dari penyebaran kanker payudara, paru, pankreas, lambung, ovarium, dan kulit (melanoma).

Apa Saja Gejala Kanker Hati ?

Gejala kanker hati perlu Anda ketahui informasi di dalamnya untuk dapat mewaspadai gejala-gejalanya. Dengan mengetahuinya sejak dini, kita dapat melakukan cara mencegah kanker hati ini agar tidak menjadi lebih parah. Kanker hati terbilang jenis kanker yang mematikan. Lalu, apa saja gejala kanker hati yang bisa dikenali? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini :

  1. Urine Berwarna Gelap

Urine berwarna gelap bisa jadi gejala kanker hati. Meningkatkan kandungan bilirubin pada darah akibat kanker hati akan diteruskan ke urine. Hal ini menyebabkan urine berwarna kuning gelap atau cokelat. Jika Anda memperhatikan perubahan warna urine, segera periksakan diri dan cari tahu apa yang salah pada kesehatan. Bisa jadi ada kanker yang tumbuh pada lever Anda.

  1. Ascitis

Ascitis adalah adanya cairan yang berkumpul di perut. Ini adalah salah satu gejala kanker hati. Perut yang terasa mual dan kembung serta diikuti oleh pembengkakan lever adalah salah satu gejala kanker hati tahap awal.

  1. Sakit Perut

Pembengkakan dan pembesaran lever akan menyebabkan terasa sakit pada perut. Sakit perut juga bisa muncul ketika fungsi lever terganggu, gejala kanker hati. Jika Anda mengalami sakit perut yang tak normal disertai dengan pembengkakan lever, kemungkinan Anda memiliki penyakit lever atau kanker tanda gejala kanker hati.

  1. Gatal-gatal

Jangan salah, gatal-gatal juga bisa menjadi salah satu tanda lever bermasalah, gejala kanker hati. Gejala kanker hati yang satu ini seringkali diabaikan dan disalahartikan sebagai penyakit lain. Gatal-gatal pada kulit disebabkan oleh meningkatnya bilirubin pada tubuh. Fungsi lever yang terganggu akan meningkatkan produksi bilirubin dan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

  1. Lever Membengkak

Hati atau lever terletak pada bagian perut sebelah kanan atas agak ke tengah. Jika lever membengkak, maka posisinya akan melebar hingga ke bagian tengah perut. Jika Anda merasa aneh atau sakit pada bagian itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ini adalah salah satu gejala kanker hati.

  1. Mual Dan Muntah

Jika Anda mengalami mual dan muntah tanpa sebab yang dikenal, periksa apakah Anda memiliki gejala lain dari gangguan fungsi hati. Muntah dan mual biasanya dianggap sebagai peringatan dini gejala kanker hati.

  1. Berat Badan Menurun

Hati adalah organ utama yang akan membantu tubuh kita dalam metabolisme. Gangguan fungsi hati akan menyebabkan penurunan berat badan, yang dapat dianggap sebagai salah satu yang paling penting dari gejala kanker hati tahap awal.

  1. Ikterus

Ikterus bukanlah penyakit, melainkan presentasi klinis penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan fungsi hati menyebabkan retensi bilirubin dalam tubuh. Penyakit kuning atau hepatitis biasanya dapat dijadikan indikator sebagai salah satu gejala kanker hati.

Konsultasikanlah kepada dokter jika Anda mengalami gejala – gejala kanker hati di atas.

Gejala Kanker Hati, Apa Saja ?

This entry was posted in Ciri ciri penyakit liver, Fatty Liver, Mencegah Penyakit Liver, Obat Liver, Obat Penyakit Liver, Pantangan penyakit liver, Pengertian Penyakit Liver. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*