Fibrosis Hati – Gejala, Penyebab, Pengobatan

Fibrosis Hati – Gejala, Penyebab, Pengobatan

 

Fibrosis HatiFibrosis hati (Liver Fibrosis) adalah proses jaringan parut yang yang terjadi pada hati dimana penyembuhan luka melalui deposisi kolagen dan konstituen matriks lainnya sehingga perbaikan liver yang luka melalui deposisi kolagen baru. Seiring waktu proses ini dapat mengakibatkan sirosis hati, di mana arsitektur unit fungsional dari hati menjadi begitu menganggu aliran darah melalui hati dan fungsi hati menjadi terganggu. Setelah sirosis berkembang, komplikasi serius dari penyakit hati dapat terjadi, termasuk hipertensi portal, gagal hati dan kanker hati.

Fibrosis Hati

Fibrosis Hati

Risiko kanker hati sangat meningkat saat terjadi sirosis, dan sirosis harus dianggap sebagai kondisi pra-ganas. Sirosis dan kanker hati sekarang berada di antara sepuluh penyebab kematian di seluruh dunia, dan di banyak negara maju penyakit hati sekarang salah satu 5 penyebab kematian teratas di umur pertengahan.

Gejala Fibrosis

Anda disarankan untuk rutin mengecek kondisi liver agar mengetahui secara pasti kondisi liver anda saat ini. Fibrosis hati sendiri tidak menunjukkan gejala yang nampak, biasanya orang baru tersadar terkena fibrosis hati saat setelah mengecek kondisi liver melalui pemeriksaan medis. Untuk berfungsi normal sejatinya manusia hanya membutuhkan kurang lebih 20-30% sel hati yang dalam kondisi baik, sehingga apabila jaringan yang terbentuk belum terlalu dominan terbentuk dalam liver, biasanya kita tidak menyadarinya. Hati merupakan organ tubuh manusia yang tidak mempunyai saraf yang menghantarkan rasa sakit sehingga kondisi “sakit” yang dialami organ hati tersebut tidak dapat kita deteksi.

Penyebab Fibrosis

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi fibrosis pada hati kita. Karena fibrosis merupakan tahap awal dari sirosis, tentunya penyebab fibrosis sendiri sama seperti penyebab penyakit sirosis hati.

  • Virus hepatitis. Hepatitits B dan hepatitis C yang sering dinyatakan sebagai sumber utama terjadinya sirosis. Hindari kemungkinan terjangkit virus ini dengan melakukan vaksin dan menjaga kondisi tubuh dari penularan antar-manusia terhadap virus ini. Karena virus ini dapat menular melalui hubungan kelamin dan jarum suntik, selalu berhati-hati terhadap kedua hal ini jika tidak mau tertular virus hepatitis. Hepatitis sendiri berperan terhadap peradangan yang terjadi pada hati.
  • Pembengkakan hati atau fatty liver. Liver bengkak adalah penyakit pembengkakan pada hati sehingga hati tidak dapat menjalankan fungsinya dengan normal atau mengalami gangguan fungsi hati. Liver bengkak ini terjadi karena menimbunnya lemak yang terdapat pada sel-sel hati. Pembengkakan ini menyebabkan penyakit liver. Kondisi ini bisa disebabkan oleh obesitas dan konsumsi lemak berlebih, serta racun yang menimbun di dalam hati.
  • Konsumsi obat. Seringkali kita diingatkan dalam mengonsumsi obat selalu untuk berdasarkan resep dokter, hal ini penting karena bisa saja obat yang kita konsumsi tanpa resep dokter memang seharusnya manjur atau dapat menyembuhkan penyakit, namun ternyata obat tersebut tidak cocok dengan kondisi tubuh kita. Selain itu obat tanpa resep dokter seringkali dikonsumsi secara sembarangan dan tidak sesuai aturan sehingga hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel hati yang akan berdampak pada terjadinya fibrosis.
  • Konsumsi alkohol secara berlebihan. Konsumsi alkohol yang dilakukan secara berlebihan dan berkelanjutan dapat berdampak pada rusaknya kondisi hati dan yang lebih parah lagi akan mengarah kepada fibrosis dan sirosis hati.

Pengobatan

Fibrosis hati bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah S-Lutena.  Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Mengapa harus Super Lutein (S. Lutena) ? Peranan Super Lutein (S.Lutena) sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein (S.Lutena) yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

S-Lutena juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid/Haid Tidak Normal, Borok/Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh/Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus/Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Fibrosis Hati – Gejala, Penyebab, Pengobatan

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*