Buah Untuk Penyakit Liver

Buah Untuk Penyakit Liver

 

Buah Untuk Penyakit Liver – Penyakit liver merupakan suatu gangguan pada fungsi hati yang menyebabkan timbulnya penyakit bagi tubuh. Hati merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh. Hati juga dianggap sebagai kelenjar karena memiliki fungsi membuat dan mengeluarkan empedu. Penyakit liver timbul disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya pola hidup yang tidak sehat, sering begadang, infeksi virus atau bakteri, memiliki kelainan dalam metabolisme tubuh, trauma atau luka pada organ hati, tidak memperhatikan kebersihan alat-alat makan dan minum, efek samping obat-obatan tertentu, kecanduan alkohol dan kelainan bawaan lahir.

Buah Untuk Penyakit Liver

Buah Untuk Penyakit Liver

Pola hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab sakit liver, misalnya ketika tubuh dipaksa untuk bekerja terlalu keras hingga tidak memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, orang yang sering begadang juga memiliki risiko lebih besar mengalami sakit liver. Hal ini dikarenakan hati menjadi bekerja lebih cepat sehingga detoksifikasi juga menjadi lebih tinggi. Untuk membantu hati Anda, Anda dapat mengubah pola makan Anda untuk memberi hati nutrisi yang penting agar dapat berfungsi dengan efisien.

Berikut 8 Buah Untuk Penyakit Liver yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi resiko penyakit liver, antara lalin :

  1. Alpukat

Ketika organ hati terserang virus hepatitis yang dapat menyebabkan liver maka organ hati sangat perlu dibersihkan dari racun atau senyawa berbahaya yang terdapat pada hati. Kandungan zat glutathione pada buah alpukat sangat efektif untuk membersihkan kandungan racun dalam organ hati. Selain itu juga alpukat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh sangat mambantu untuk penderita liver dalam menekan kolesterol jahat.

  1. Buah Apel

Selain lemon, buah lainnya yang juga menjadi salah satu makanan sehat bagi penderita liver adalah apel. Buah apel yang dikonsumsi secara teratur dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang ada dalam tubuh. Salah satu manfaat apel dalam mengatasi masalah kesehatan yaitu dapat menghilangkan lemak yang tidak sehat pada liver.

  1. Pisang

Pisang juga termasuk buah obat liver yang sangat cukup dalam menunjang proses penyembuhan penyakit organ hati. Pisang yang kaya akan zat-zat baik yang berupa vitamin dan nutrisi lainnya, serta dapat dikonsumsi setiap hari.

  1. Pepaya

Pepaya yang dapat dimakan langsung juga sangat bermanfaat dalam pencegahan kerusakan hati. Tekstur dari pepaya yang lembut sangat memudahkan pada organ lambung dalam mencerna buah tersebut sehingga dalam penyerapan zat pada pepaya akan semakin mudah untuk menjalar ke seluruh organ tubuh.

  1. Jeruk Lemon

Menurut kepercayaan jeruk lemon mengandung asam buah yang buruk bagi penderita penyakit liver atau lambung, tetapi ternyata jeruk lemon juga memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat membantu secara optimal dalam proses detoksifikasi dalam hal yang terinfeksi virus.

  1. Semangka

Sama halnya dengan buah jeruk lemon, pada buah semangka juga termasuk dalam buah untuk penderita penyakit liver karena didalamnya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu juga mampu menangkal radikal bebas yang telah mengendap pada organ hati.

  1. Grapefruit

Grapefruit atau jeruk bali mengandung antioksidan yang sangat tinggi yakni naringinen serta naringin yang sangat bagus untuk melindungi organ hati dan juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk liver bengkak. Kegunaan grapefruit untuk liver adalah melindungi organ hati dari cedera, melindungi dari peradangan dan juga melindungi sel. Antioksidan yang ada dalam grapefruit akan mengurangi perkembangan dari fibrosis hati yang sangat berbahaya yakni menyebabkan terbentuknya jaringan ikat secara berlebihan di organ hati.

  1. Cranberries dan Blueberry

Kedua jenis buah berry ini memiliki kandungan antosianon yakni antioksidan pemberi warna pada buah yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh khususnya liver. Mengkonsumsi buah berry ini secara teratur selama 3 sampai 4 minggu sangat baik untuk melindungi hati dari kerusakan, menjaga fungsi organ hati sebagai alat ekskresi, meningkatkan respon sel kekebalan tubuh dan juga enzim antioksidan.

Sementara ekstrak dari buah blueberry sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hati, memperlambat perkembangan lesi, makanan untuk penderita liver bengkak dan juga fibrosis serta perkembangan jaringan parut pada organ hati sehingga mengkonsumsi 2 jenis buah ini sangat disarankan dalam diet harian Anda.

Itulah 8 Buah Untuk Penyakit Liver. Semakin Anda menjaga pola hidup dan makan makanan yang sehat untuk, tentunya hal tersebut akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Semoga bermanfaat ^^

Buah Untuk Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*