Abses Hati atau Liver Abcess

Abses Hati atau Liver Abcess

Abses Hati – Hati termasuk ke dalam organ penting manusia yang memiliki berbagai fungsi dalam tubuh. Diantara fungsi hati ialah sebagai metabolisme karbohidrat, lemak, vitamin dan protein. Melakukan detoksifikasi dalam tubuh dan berfungsi sebagai fagositosis dan juga imunitas tubuh. Dengan berbagai fungsi penting ini, kesehatan hati haruslah di jaga. Namun, ada saja kerusakan kerusakan yang terjadi pada hati yang menyebabkan kinerja organ ini berkurang. Salah satu kelainan pada hati ialah abses hati.

Abses Hati atau Liver Abcess

Abses Hati atau Liver Abcess

Abses hati ialah rongga dalam hati yang berisi nanah. Lubang lubang ini terjadi karena adanya infeksi jamur, bakteri ataupun nekrosis steril yang berasal dari sistem gastrointestinal. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik wanita maupun pria, namun penyakit ini pada umumnya terjadi pada  orang yang tinggal di daerah tropis. Selain itu, abses hati biasanya terjadi di negara berkembang maupun negara dengan sanitasi dan juga ekonomi yang buruk.

Abses hati secara umum dibagi menjadi 2, antara lain yaitu:

  1. Abses Hati Amebic

Abses Hati Amebic sering terjadi di daerah tropis maupun subtropis. Abses hati ini adalah salah satu komplikasi amebiasis ekstraintestinal. Penyebab utama abses hati ini ialah Entamoeba Histolytica.

Secara singkat seperti ini terjadinya ambesiasi hati :

  • Amoeba Entamoeba Histolytica menempel pada mukus usus.
  • Setelah menempel, bakteri ini akan merusak sawar intestinal.
  • Terjadilah supresi respons imun cellmediated yang terjadi dikarenakan enzim maupun toksin parasit.
  • Amoea tersebar sampai ke hati. Penyebaran ini pada umumnya melalui vena porta.

  1. Abses Hati Piogenic

Abses hati pyogenic terjadi di seluruh dunia, namun tetap saja daerah dengan sanitasi yang buruk yang berisiko lebih tinggi penduduknya terkena abses hati. Abses Hati Piogenic dapat terjadi melalui berbagai infeksi dibawah ini :

  • Vena porta, adalah infeksi pelvis yang dapat menyebabkan emboli septik.
  • Infeksi karena penetrasi maupun kecelakaan lalu lintas.
  • Bakteri yang sudah terdapat di organ lain menyerang ke hati,
  • Saluran empedu yang sering terinfeksi.

Pada umumnya, penyakit ini dapat menyerang siapapun. Tetapi ada sebagian orang yang lebih berisiko mengalaminya, terutama mereka yang:

  • Berusia lebih dari 70 tahun.
  • Bepergian atau tinggal di tempat di mana infeksi ini umum terjadi.
  • Mengonsumsi minuman keras dan atau tidak mendapat nutrisi yang cukup.
  • Mengonsumsi obat seperti kortikosteroid atau menjalani kemoterapi.
  • Mengalami penyakit tertentu seperti diabetes, kanker, ataupun melemahnya sistem imun. Studi menemukan bahwa pengidap diabetes 3,6 kali lebih berisiko mengalami abses hepar.

Cara Mengobati Abses Hati

Abses hati bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena.  Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Mengapa harus Super Lutein (S. Lutena) ? Peranan Super Lutein (S.Lutena) sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein (S.Lutena) yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

S-Lutena juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid/Haid Tidak Normal, Borok/Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh/Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus/Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Abses Hati atau Liver Abcess

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*